Melihat Indonesia dari Udara

Istilah FPV sering kali digunakan di dunia Drone. Fungsi dari FPV tersebut adalah kemampuan dari sebuah Drone, yang sangat memungkinkan bagi pilot untuk dapat melihat hasil bidikan dari kamera Drone secara realtime. Apabila seorang pilot Drone sudah memiliki FPV maka mereka juga bisa menentukan objek apa saja yang nantinya akan ditangkap oleh kamera Drone tersebut. Untuk itu, Anda juga harus tahu bagaimana tata cara menghubungkan Drone ke HP dengan tepat.

Khusus para pilot Drone yang memang menggunakan Drone untuk kebutuhan fotografi atau videografi, memang biasanya mereka akan menggunakan FPV tersebut. Karena dengan begitu mereka akan menentukan angle yang tepat, sebelum pengambilan gambar dilakukan.

Baca Juga : 7 Drone Terbaik Untuk Videografi Udara

Ada beberapa tipe atau mereka Drone tertentu yang telah dilengkapi dengan fitur FPV tersebut. Hanya saja masih banyak pengguna Drone yang belum paham bagaimana cara menghubungkan Drone ke HP, dengan cara yang benar.

Cara Menghubungkan Drone ke HP dengan Baik dan Benar

Secara umum, tipe-tipe Drone yang banyak digunakan di pasaran memiliki 2 jenis metode FPV. Metode yang pertama adalah menggunakan handphone atau smartphone sebagai monitor dari FPV tersebut. Sedangkan untuk metode yang kedua dari pabriknya memang sudah ditentukan atau disediakan monitor pada FPV itu.

Untuk metode yang kedua ini, pilot Drone tentu tak harus repot menggunakan smartphone untuk monitor FPV itu. Dan bagi metode yang pertama artinya Anda harus tahu dan paham cara menghubungkan Drone ke smartphone, sehingga fungsi pada fitur FPVnya bisa digunakan dengan baik.

Mari kita bahas lebih lengkap mengenai tata cara melakukan FPV pada tipe Drone buatan Syma. Namun pada dasarnya, tata cara ini bisa diterapkan pada Drone tipe apapun. Hanya saja aplikasi yang digunakan masing-masing tipe berbeda-beda.

Berikut ini cara menghubungkan Drone ke HP dengan tepat :

1. Pastikan Drone bisa Digunakan untuk FPV

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu apakah Drone yang Anda gunakan ini, memang bisa dipakai untuk fungsi FPV tersebut. Caranya yaitu dengan melihat list fitur pada saat membeli Drone. Untuk tipe Drone yang memang bisa menggunakan wifi akan tertera tulisan FPV realtime, Wifi, atau FPV.

Setelah yakin fitur FPV ada di dalamnya, maka Anda bisa menginstall aplikasi FPV pada smartphone Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi Syma FPV khusus untuk tipe Drone dengan merek Syma.

2. Download File APK Secara Manual

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendownload terlebih file apknya dengan cara manual saja. Caranya yaitu dengan menggunakan QR Code yang sudah terdapat di kardus Drone. Atau yang tertera di manual book Drone tersebut.

3. Waktunya Menghubungkan

Apabila aplikasi FPV sudah terinstal pada handphone atau smartphone Anda, kini saatnya untuk menghubungkan kamera Drone pada smartphone Anda. Caranya dengan menghidupkan Drone terlebih dahulu. Dalam hal ini Drone memang harus dihidupkan, meskipun nantinya bagian transmittenya akan dipair.

4. Mengaktifkan Wifi pada Smartphone

Cara berikutnya adalah dengan mengaktifkan wifi pada smartphone Anda. Lalu cari juga wifi pada Drone di dalam wifi list. Secara umum, nama wifi ini sama saja misalnya SSID “FPV WIFI xxx.” Jika Anda sudah menemukan wifi tersebut maka kini saatnya untuk Anda menghubungkan smartphone ke bagian SSID itu.

5. Membuka Aplikasi Syma pada FPV

Apabila sudah terhubung maka Anda bisa langsung membuka aplikasi Syma FPV. Setelah itu tekan bagian start yang tertera di layar. Jika semuanya sudah kembali normal, maka Anda bisa langsung memperoleh view realtime dari kamera Drone tersebut.

Terdapat beberapa tampilan UI pada Syma FPV yang nantinya akan Anda temukan. Berikut keterangan masing-masing tampilan tersebut :

a. Capture Button

Fungsinya adalah untuk mengambil gambar yang bentuknya foto.

b. Record Button

Fungsinya adalah untuk merekam video.

c. Gallery

Tempat atau media untuk menyimpan gambar serta video yang telah tersimpan.

Itulah beberapa cara menghubungkan Drone ke HP. Tata cara pada setiap tipe Drone kurang lebih sama. Yang membedakan hanyalah aplikasinya, sehingga jika mereknya berbeda maka aplikasinya juga berbeda.

Namun, ada juga pilot Drone yang bisa melakukan FPV hanya dengan menggunakan aplikasi non official. Aplikasi itu juga bisa Anda temukan pada Playstore Android. Namun untuk lebih amannya akan lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi official yang sesuai dengan tipe/mereka Drone yang Anda gunakan saat itu.