Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Kini, melakukan travelling atau liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, akan sangat mengasyikkan jika membawa serta Drone. Tipe Drone yang paling cocok dibawa saat traveling adalah Drone lipat, yang lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Mengambil gambar atau video saat melakukan travelling, adalah hal yang wajib dilakukan. Itulah sebabnya, Drone bisa menjadi pilihan tepat untuk pengambilan gambar atau video saat travelling.

Walaupun pengambilan gambar dan video ini bisa dilakukan dengan menggunakan kamera handphone saja atau kamera DSLR, tetapi pengambilan gambar dan video dari ketinggian akan sangat bagus hasilnya jika menggunakan Drone. Hasil dari gambar dan video tersebut akan menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda.

Namun, membawa Drone lipat saat travelling tetap harus dilakukan dengan hati-hati, sehingga ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Baca Juga : Tips Mencegah Kecelakaan Drone Jatuh Saat Belajar

Tips dan Trik Membawa Drone Lipat Saat Travelling

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan, ketika membawa Drone pada saat travelling :

1. Hindari Tempat-tempat yang Ramai oleh Wisatawan

Ketika bertravelling ke suatu tempat, tentu Anda akan menuju ke suatu tempat wisata tertentu. Sebenarnya, Anda boleh menggunakan Drone di mana saja tapi hindari tempat-tempat ramai. Karena tempat yang ramai dengan para wisatawan, akan membahayakan orang-orang tersebut.

Apalagi suara Drone yang cukup berisik akan mengganggu orang-orang yang sedang menikmati liburannya di sana. Atau bisa saja ada cara menerbangkan Drone yang salah, yang nantinya bisa membuat wisatawan di sana celaka.

2. Melakukan Riset Penerbangan Drone Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mulai menerbangkan Drone di tempat yang Anda tuju, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu dalam hal menerbangkan Drone. Agar rencana pengambilan gambar ini hasilnya baik dan sesuai harapan, maka Anda harus memastikan bahwa penerbangan Drone akan berjalan dengan lancar.

Kenali medan di tempat tujuan Anda, dan bagaimana situasi dan kondisi di sana. Atau apa saja yang kira-kira akan Anda hadapi di sana, misalnya apakah banyak pepohonan, ada banyak gedung tinggi, atau hanya berupa lapang yang luas, dan sebagainya.

3. Pilih Waktu Terbaik untuk Menerbangkan Drone

Cara berikutnya dalam menerbangkan Drone ketika berlibur adalah, memilih waktu yang tepat untuk menerbangkan Drone tersebut. Misalnya Anda memilih pagi hari, untuk menerbangkan dan memotret lokasi wisata yang sedang Anda tuju.

Waktu terbaik untuk mendapat hasil gambar atau video yang bagus memang tidak bisa ditentukan secara pasti. Artinya, Anda bisa memilih waktu kapan saja. Namun, pertimbangkan juga bagaimana kondisi cuaca di sana.

Baca Juga :

Tutorial Menerbangkan Drone Saat Hujan

Cara Menerbangkan Drone Malam Hari

4. Mencari Tahu Regulasi Penerbangan Drone

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan dalam membawa Drone lipat ini adalah dengan mencari tahu dahulu, mengenai regulasi penerbangan Drone di suatu kota atau negara. Karena regulasi setiap kota/negara itu berbeda-beda. Anda juga bisa meminta izin terlebih dahulu saat akan menerbangkan Drone, pada masyarakat setempat.

5. Mengantisipasi Kerusakan dengan Membeli Tas Khusus Drone Lipat

Ketika membawa Drone untuk travelling, sebaiknya Anda menggunakan tas khusus untuk membawa Drone tersebut. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada Drone ketika sedang dibawa bepergian. Kosongkan juga batterai Drone supaya tidak membahayakan. Khususnya pada saat Anda menaruhnya di mobil atau pesawat.

Beberapa tips tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam membawa Drone ke suatu tempat untuk kegiatan travelling Anda. Tujuannya adalah demi keamanan dan keselamatan Anda selama di perjalanan.