Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Koreksi warna di dalam cinematografi Drone merupakan bahan rahasia, yang nantinya akan membantu Anda untuk memisahkan Anda dari kompetisi yang ada. Ada sekitar 5 koreksi warna drone cinematography yang akan membantu Anda untuk memahami dan melakukannya dengan cara yang benar. Warna Drone cinematography ini akan membantu Anda dalam menghasilkan warna yang seimbang.

Koreksi warna merupakan proses dalam menyesuaikan klip, yang dipotret dengan tujuan supaya mendapat pencahayaan yang tepat di dalam suatu gambar. Anda juga bisa melakukan penyeimbangan cahaya ini ketika membidik objek.

Baca Juga : Deretan Drone Kamera Terbaik

Sedangkan yang dimaksud dengan color grading adalah proses dalam membuat beberapa pilihan kreatif, untuk meningkatkan rekaman Anda. Misalnya supaya Anda menjadi lebih bercerita, atau penyampaian pesan dengan emosi tertentu pada para penonton.

Peringkat beberapa warna ini bisa melibatkan koreksi warna, dengan cara menyesuaikan level cahaya. Namun bisa juga dengan melibatkan dan menyesuaikan warna pada saat membidik, dengan warna yang sebenarnya. Pemeringkatan warna yang paling umum terjadi terdiri dari peningkatan warna tertentu di dalam suatu bidikan. Atau bisa juga menambahkan warna yang tak terlalu menonjol, di dalam sebuah rekaman yang mentah.

Tips Memilih atau Mengatur Warna Drone Cinematography

Berikut ini ada beberapa tips dalam mengatur warna Drone cinematography yang bisa dilakukan oleh para pilot Drone :

Baca Juga : Cara Setting Kamera Untuk Drone Fotografi

1. Pikirkan Koreksi Warna Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur koreksi warna dengan tepat. Dan pastikan bahwa kamera Anda sudah dikonfigurasi dengan benar. Bukan hanya mengekspos gambar dengan tepat, tapi Anda juga harus memotret profil dengan warna datar.

Supaya hasil dari jumlah warnanya berukuran kecil, dan Anda akan mendapat banyak kebebasan untuk mengedit gambar tersebut.

2. Menyesuaikan Warna Hitam dengan Bayangan yang Pertama

Maksud dari bayangan adalah merujuk ke warna yang lebih gelap sedangkan highlight merujuk ke warna terang. Sedangkan midtone mengacu pada warna atau level cahaya diantara hitam dan putih.

Sebagian besar gambar yang diambil siang hari bisa mengambil manfaat secara langsung dari bayangan, dan memberi beberapa kontras sekaligus dengan cara yang efektif.

3. Menyesuaikan Midtone dengan Highlight

Warna hitam akan disesuaikan dengan eksposur Anda, yang nantinya akan pindah ke highlight berikutnya. Dengan meningkatkan highlight maka akan ada lebih banyak kontras yang memuat sebagian besar gambar, menjadi lebih hebat.
Pastikan juga untuk tidak menyesuaikan highlight terlalu banyak dengan bagian yang terang benderang terlalu banyak.

Baca Juga : Mengatur Kamera Filter Untuk Foto Drone

4. Meningkatkan Saturasi Anda untuk Mencapai Gambar Vibran

Cara terbaik untuk mewarnai sebuah rekaman dan membuatnya terlihat bagus, tergantung pada rekaman Anda dengan gaya yang kreatif dan perangkat lunak yang digunakan. Jangan menggunakan warna saturasi terlalu banyak, karena foto akan menjadi tidak alami. Sehingga hasil gambar juga menjadi terlalu surealis atau tidak nyata. Untuk penampilan warna ini, Anda hanya perlu sedikit menyesuaikan slider.

5. Jangan Takut Mencoba

Gunakan tips yang satu ini sebagai dasar dari pengaturan warna Drone cinematography. Supaya Anda mendapat warna dasar pada klip dan agar lebih menonjol pada saat gambar itu dilihat oleh orang banyak. Pada intinya, jangan takut untuk bereksperimen dengan koreksi warna tersebut.

Baca Juga : Tips Edit Foto Hasil Dari Kamera Drone

Sama dengan kebanyakan proses artistik yang ada, Anda juga bisa melatih mewarnai dengan teratur. Yang nantinya akan membuat Anda lebih percaya diri.

Itulah beberapa tips dalam mengatur warna Drone cinematigraphy supaya hasilnya lebih bagus dan menarik.