Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Bagian terbaik dari memiliki Drone tentu saja adalah dengan menerbangkannya. Namun, ada beberapa pengguna Drone yang menerbangkan Drone di lokasi yang dianggap aman dan legal untuk menerbangkan Drone, tetapi cara menerbangkannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu, Anda harus memilih tempat menerbangkan Drone yang tepat. Bukan saja aman secara hukum dan tidak membahayakan orang banyak, tetapi cara menerbangkan Drone di tempat itu bisa lebih mudah.

Banyak juga pilot Drone yang merasa kecewa dengan aturan setempat untuk penerbangan Drone. Misalnya sebuah taman yang bisa dijadikan tempat untuk menerbangkan Drone, ternyata tidak boleh digunakan. Atau ada pula tempat yang bisa dijadikan untuk penerbangan Drone tetapi ternyata harus ada izin khusus penerbangan.

Cara Memilih Tempat Menerbangkan Drone dengan Tepat dan Mudah

Lalu, bagaimana seharusnya menentukan sah atau tidaknya tempat terbang tertentu, ketika Anda akan menerbangkan Drone? Sebenarnya, jika Anda memilih tempat untuk menerbangkan Drone dengan sedikit riset di beberapa tempat, maka caranya tidak akan terlalu sulit.

Baca Juga : Tempat Untuk Belajar Menerbangkan Drone

Berikut ini ada beberapa cara memilih tempat menerbangkan Drone dengan meneliti beberapa tempat yang cocok dijadikan tempat terbang Drone, inilah rincian dan penjelasan lengkapnya :

1. Pastikan Bahwa Anda sudah Terbiasa dengan Aturan Federal yang Ada

Hal paling utama ketika Anda akan menerbangkan Drone adalah Anda sudah memahami aturan federal yang ada di negara masing-masing. Misalnya, apakah Anda menggunakan Drone untuk kebutuhan rekreasi atau komersial.

Baca juga : Peraturan dan Regulasi Drone Indonesia

Tentukan juga kategori yang ada di dalam operasi Anda, dan biasakan diri Anda dengan sejumlah peraturan yang sudah terkoordinasi. Apabila Anda menerbangkan Drone hanya untuk urusan hobi saja, maka Anda menerbangkan dengan cara rekreasi. Sebaliknya, jika Anda menerbangkan Drone untuk urusan pekerjaan maka terbangkan Drone dengan cara komersial.

Untuk pilot Drone rekreasi sebaiknya menggunakan model pesawat Drone FAA. Sedangkan aturan untuk pilot Drone komersial Anda wajib memperoleh sertifikasi, lalu masuk ke dalam aturan FAA bagian ke 107. Dan kedua pilot Drone tersebut, harus mendaftarkan Drone milik mereka pada portal FAA DroneZone.

2. Pahami Wilayah Udara Tempat Menerbangkan Drone yang Anda Pilih

Apabila Anda sudah mendapat lokasi penerbangan yang sesuai, maka cari tahu juga di mana tempat kelas udaranya. Cara melihat kelas udara ini bisa dengan beberapa alat seperti B4UFLY, Kittyhawk, atau Airmap. Cara penggunaannya juga mudah, masukkan saja nama atau alamat lokasinya.

Tentukan juga apakah Anda akan terbang di wilayah udara kelas G yang tak terkontrol, atau pada wilayah udara yang dikendalikan oleh kelas B, C, D, atau E. Apabila Anda berada di kelas G yang tak terkontrol, maka Anda harus memperoleh izin dari FAA. Anda juga terbang di bawah bagian 107, dengan cara yang komersial apabila berada di kelas B, C, D, atau E.

Baca Juga : Perbedaan Drone Recreational VS Drone Commercial

Selain itu, Anda pun akan membutuhkan otorisasi dari FAA. Bukan hanya menentukan di mana letak kelas udaranya, tetapi Anda juga harus tahu jenis pembatasan ruang udara lainnya yang harus Anda ketahui dalam menerbangkan Drone.

Dengan menggunakan langkah tersebut di atas, maka Anda bisa memilih tempat menerbangkan Drone dengan mudah dan aman. Keamanan adalah syarat utama dalam menerbangkan Drone, sehingga pengoperasiannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Bahkan bukan saja demi keamanan dan keselamatan Anda sebagai pilotnya, tetapi penerbangan Drone ini sanga penting untuk keselamatan dan keamanan orang lain.