Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kini drone telah menjadi idola baru bagi para penggemar fotografi maupun videografi. Drone fotografi memang sangat menarik perhatian. Sehingga, semakin banyak pula orang yang tertarik membeli drone untuk kebutuhan fotografi. Jika dahulu fotografi di udara harus menyewa helikopter yang biayanya cukup mahal, maka kini lebih hemat sejak adanya drone.

Namun, tidak mudah untuk menjadi fotografer drone yang profesional. Dibutuhkan latihan rutin agar drone bisa lepas landas, melayang di udara, hingga mendarat dengan sempurna. Kemampuan dalam mengendalikan drone juga sangat berpengaruh pada hasil fotografi yang semakin memuaskan.  Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih drone untuk fotografi?

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Drone Fotografi

Dalam memilih drone fotografi, sebenarnya tergantung kebutuhan pengguna itu sendiri. Pasalnya, kebutuhan drone antara pemula dan profesional tentu berbeda. Pemula lebih disarankan untuk memilih drone yang sederhana, sementara profesional biasanya memilih drone dengan fitur fotografi yang lebih berkualitas.

1. Ukuran Sensor dan Megapiksel

Pertimbangan pertama dalam memilih drone untuk fotografi adalah berapa megapiksel yang dihasilkan serta seberapa baik sensor kamera dalam menangani cahaya rendah. Dimulai dari ukuran 30 MP yang terdapat pada kamera Osmo Inspire 2 sampai 2 MP pada Force1 Quadcopter.

Baca Juga : Tips Membeli Drone Untuk Pemula

Tentu saja, sensor drone ini akan sangat berpengaruh pada kualitas gambar dan harga drone itu sendiri. Bagi seorang profesional yang mengambil gambar untuk klien, direkomendasikan untuk memilih model 20 MP. Sementara jika fotografi drone hanya sebatas dibagikan pada media sosial, maka memilih model 12MP sudah dirasa cukup.

2. Fitur First Person View (FPV)

Setiap jenis drone pastinya menawarkan fitur yang berbeda. Salah satunya adalah fitur terkait FPV yang mana berguna untuk menghasilkan video atau gambar dengan hasil lebih menarik dan mengagumkan. Fitur FPV ini layaknya monitor pada sebuah kamera. Tidak mungkin sebuah objek bisa dibidik dengan sempurna tanpa melihatnya terlebih dahulu.

3. Fleksibilitas

Fotografi dengan drone bisa dibilang penuh dengan petualangan. Berapa banyaknya ruang yang dikonsumsi oleh drone menjadi diskusi yang menarik sebelum memilih drone untuk kebutuhan fotografi. Komunitas drone menyetujui bahwa kualitas gambar dan probabilitas untuk Mavic 2 Pro yang baru adalah kombinasi yang terbaik. Dengan berat hanya 5,51 pound dan sensor kameranya 20 MP, tentu sangat mudah digunakan dalam situasi apapun.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pekerjaan dari Drone

4. Stabilitas Kamera (Gimbal)

Drone untuk fotografi wajib memiliki fasilitas gimbal yang berguna untuk menjaga stabilitas kamera. Tanpa adanya gimbal, maka akan sangat sulit untuk menyajikan hasil fotografi maupun videografi yang sempurna. Bahkan, bisa dikatakan bahwa kita tidak mungkin bisa menghasilkan gambar atau video yang bagus tanpa adanya gimbal kamera.

5. GPS

Drone untuk kebutuhan fotografi dan videografi pasti butuh sekali yang namanya GPS. Adanya fitur GPS pada drone untuk fotografi memang sangat penting. Fitur ini akan membantu mengurangi beban fotografer drone dalam berkonsentrasi saat pengambilan gambar.

Baca Juga : Peraturan dan Regulasi Drone Indonesia

Fotografer tidak perlu repot untuk mengawasi posisi drone, karena ada GPS yang menjaga drone agar tetap di tempat. Dengan demikian, maka fotografer bisa lebih fokus untuk mengambil gambar agar hasilnya lebih sempurna.

Selain mempertimbangkan kelima hal di atas, harga juga menjadi hal yang perlu mendapat pertimbangan. Jika penggunaan drone fotografi adalah untuk profesional kerja, maka tidak ada salahnya untuk membeli drone dengan harga yang lebih mahal karena sudah bisa terjamin kualitasnya. Sementara, untuk pemakaian drone yang masih dalam tahap belajar, maka tidak masalah untuk memilih model drone dengan harga yang lebih terjangkau.