Melihat Indonesia dari Udara

Pada saat Anda memutuskan untuk membeli Drone bekas, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Walaupun kualitas barangnya bagus, tetapi membeli barang bekas tentu lebih berisiko dibanding membeli barang baru. Oleh sebab itu, Anda harus pandai memilih tipe dan kondisi drone yang bekas agar tidak rugi ketika membelinya.

Salah satu pertimbangan seseorang dalam membeli Drone yang kondisinya bekas adalah karena harganya jauh lebih murah dibanding Drone baru. Apalagi untuk para pemula yang ingin mencoba belajar menerbangkan Drone, tentu lebih memilih Drone dengan kondisi bekas saja.

Baca Juga :

Tempat Untuk Belajar Menerbangkan Drone

Tips Mencegah Kecelakaan Drone Jatuh Saat Belajar

Teknik dalam Belajar Drone Untuk Pemula

Kebanyakan Drone baru dengan kualitas yang baik memang harganya mahal, sehingga banyak orang yang beralih ke Drone yang kondisinya bekas saja.

Tips Membeli Drone Bekas dengan Kondisi yang Masih Terjaga

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membeli Drone bekas, supaya Anda mendapatkan tipe Drone yang kualitas dan kondisinya masih bagus :

1. Perhatikan Bagaimana Fitur yang Ada di Dalam Drone.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana fitur di dalam Drone yang kondisinya bekas tersebut. Fitur apa saja yang ada di dalam Drone tersebut, karena biasanya Drone dengan tipe baru yang sudah canggih memiliki fitur yang lebih lengkap di dalamnya seperti misalnya fitur landing otomatis dan take off.
Bagi para pemula yang baru belajar mengoperasikan Drone, fitur tersebut akan sangat membantu terutama di bagian take off dan landing ketika menerbangkan Drone tersebut.

2. Jangkauan Drone


Hal berikutnya adalah melihat bagaimana jangkauan Drone yang Anda beli. Fitur kamera pada Drone ini bermacam-macam, jarak antara Drone dengan remotenya juga berbeda-beda dan tergantung pada masing-masing tipe Drone tersebut. Ada yang jangkauan maksimalnya mencapai mencapai 3 Km, tapi ada juga yang hanya 300 m.

Jangkauan Drone ini tergantung pada spesifikasi receiver dan transmitternya. Jika Anda menggunakan Drone untuk kebutuhan pekerjaan maka sebaiknya pilih Drone yang jarak jangkauannya lebih jauh. Karena hal itu akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan itu.

3. Kamera

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam membeli Drone adalah bagian kameranya. Jika Drone menjadi kebutuhan pekerjaan maka Anda harus memilih tipe Drone yang kameranya berkualitas, walaupun Anda membelinya dalam kondisi bekas. Pilih kapasitas kamera yang sesuai kebutuhan, mulai dari VGA, 2 Mp hingga kamera dengan kualitas HD.

Apabila kamera ini masih berfungsi dengan baik maka Drone tersebut bisa Anda pilih.

4. Mengecek Kondisi di Setiap Komponennya

Perhatian bagaimana kondisi seluruh komponen yang ada di Drone tersebut. Caranya dengan  mengetes Drone itu terlebih dahulu. Anda bisa menerbangkannya dan lihat bagaimana kondisi Drone ketika diterbangkan, dan apakah masih nyaman saat diterbangkan atau tidak.

5. Harga Drone

Bagi beberapa tipe Drone yang kualitasnya bagus dengan merk ternama biasanya harganya juga masih terbilang tinggi. Apalagi jika Anda memilih tipe Drone dengan kamera HD. Namun Anda harus memilih tipe Drone yang harganya seimbang dengan kualitasnya. Anda bisa mensurvery harga-harga Drone di pasaran, dan pastikan Drone dengan harga tertentu sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Dalam membeli Drone bekas ini memang tidak boleh asal-asalan, karena Drone bekas dengan kondisi yang kurang baik akan menimbulkan masalah ketika Anda menggunakannya. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan pekerjaan. Sebaiknya pilih Drone dengan kondisi bekas tapi kualitasnya tidak jauh dengan tipe Drone baru.