Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Apakah profesi Anda adalah juru kamera udara, pembuat peta lokasi untuk kebutuhan konstruksi, surveyor di darat, pelacat hewan-hewan liar, atau hanya penyuka Drone saja. Industri Drone telah berkembang dengan sangat pesat, hingga saat ini. Dan inilah waktu yang tepat untuk benar-benar serius terjun ke dunia Drone, bagi Anda yang hobi menerbangkan Drone atau memang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Namun, Anda juga harus tahu apa saja tips membeli Drone yang tepat bagi para pemula.

Jika Anda masih tergolong sebagai pemula yang baru tahu atau baru paham tentang Drone, tentu Anda harus memerhatikan beberapa hal penting sebelum benar-benar membeli Drone. Hal utama yang harus Anda perhatikan dalam membeli Drone ini adalah spesifikasi Drone tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana kualitas dari Drone itu sendiri.

Tips Membeli Drone yang Baik dan Benar Bagi Para Pemula

Dalam menentukan bagaimana kualitas dari Drone yang akan Anda beli tentu tidak mudah, karena ada jenis dan tipe Drone yang kualitas ditentukan oleh harga dari Drone tersebut. Berikut ini beberapa tips membeli Drone yang baik dan benar, terutama untuk para pemula pengguna Drone :

Baca Juga : Tips Membeli Drone Untuk Pemula

1. Pilih Fitur dari Drone yang akan Anda Beli

Semakin banyak tipe dan merek Drone yang bermunculan, maka semakin banyak juga tipe Drone yang fiturnya semakin lengkap dan lebih baik lagi. Hal ini tentu akan membingungkan Anda. Apalagi fitur yang terdapat pada Drone tersebut juga sangat bagus. Sebagai pemula, ada baiknya Anda memilih tipe Drone yang memiliki fitur terbaru seperti auto landing dan auto take off.

Biasanya pengguna Drone yang masih pemula belum terlalu baik dalam menerbangkan Drone tersebut. Sehingga fitur auto landing dan take off ini akan sangat membantu Anda.

2. Memeriksa Jangkauan atau Jarak Terbang pada Drone

Tips yang kedua dalam membeli Drone adalah, melihat bagaimana jarak antara Drone dengan remotenya yang cukup beragam. Hal itu tergantung pada spesifikasi receiver atau transmisi pada Dronenya masing-masing. Jangkauan ini cukup beragam, ada yang hanya mencapai 300 m saja, tapi ada juga yang sampai mencapai 1 km.

Jika Anda masih sebagai pengguna pemula, maka Anda bisa memilih Drone yang jangkauan terbangnya belum terlalu jauh. Atau bisa juga memilih Drone yang sudah dilengkapi dengan GPS dengan auto pilot Drone.

3. Menyesuaikan Kualitas Kamera dengan Kemampuan Anda

Kualitas kamera pada Drone memang penting, karena hal itu akan memengaruhi hasil kualitas gambar yang Anda ambil dengan Drone. Namun, pilih saja tipe Drone yang jenis kameranya sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengoperasikan Drone.

Baca Juga : Deretan Drone Kamera Terbaik

4. Memeriksa Bobot dengan Spesifikasi Baterai

Baterai dan juga bobot Drone ini akan sangat memengaruhi cara terbang Drone tersebut. Masa terbang Drone yang hanya 15-30 menit biasanya memiliki kapasitas baterai yang kecil. Untuk yang lebih besar, biasanya masa terbangnya mencapai 2-3 jam.

5. Memilih Drone yang Harganya Sesuai dengan Budget

Yang terakhir dalam tips membeli Drone bagi pemula adalah menyesuaikan harga dengan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda ingin Drone dengan fitur dan spesifikasi yang lengkap, maka harganya juga pasti akan cukup mahal. Jika Anda ingin harga yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih Drone dengan fitur dan spesifikasi yang cukup saja atau sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Rekomendasi Drone Murah untuk Pemula

Tips membeli Drone untuk pengguna Drone pemula bisa menjadi panduan tepat untuk Anda, dalam membeli Drone yang benar.