Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang Pilot Drone dan membangun bisnis Drone milik Anda sendiri? Seorang Pilot Drone yang bekerja untuk dirinya sendiri biasanya akan memperoleh upah mulai dari 25$ hingga 250$ per jamnya. Walaupun semuanya tergantung pada keahlian Anda sendiri, basis dari klien Anda, kualitas pekerjaan, hingga seberapa baik reputasi Anda di pasar Drone itu sendiri.

Tips Memulai Bisnis Drone secara Mandiri

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis Drone dengan membuka jasa menjadi Pilot Drone, atau yang disebut dengan Dronepreuneur :

1. Membiasakan Diri dengan Menggunakan Persyaratan FAA Bagi Pilot Drone Komersial

Untuk menjalankan bisnis drone, hal pertama yang harus Anda miliki adalah persyaratan FAA. Pasalnya, segala jenis pekerjaan yang melibatkan penerbangan Drone di AS untuk segala jenis kompensasi, misalnya kompensasi barang atau bekerja di bidang perdagangan, akan dianggap komersial oleh FAA. Sehingga dalam melakukan pekerjaan Drone komersial ini Anda juga harus memiliki sertifikat Pilot Jarak Jauh dengan lulus tes Pengetahuan Aeronautika FAA.

Anda juga bisa mengikuti persiapan ujian unggulan, kursus pelatihan online, yang akan menuntun Anda selangkah demi selangkah agar bisa lulus dengan mengikutinya di Pilot Ground School. Ada sekitar 25000 Pilot Drone yang telah lulus ujian di sana.

Baca Juga : Tempat Untuk Belajar Menerbangkan Drone

2. Bergabung dengan Forum Komunitas Supaya Anda Terhubung Secara Langsung dengan Pilot Drone Lainnya

Ketika menjalankan bisnis drone, Anda juga akan sangat disarankan untuk bergabung dengan komunitas. Anda bisa mencoba bergabung dengan suatu forum komunitas Drone dimana akan ada banyak Pilot Drone lainnya yang juga berkumpul di sana. Anda juga bisa memperluas jaringan komunitas Pilot Drone tersebut, supaya bisa saling bertukar pengalaman atau berbagi pengetahuan dalam pekerjaan tersebut.

3. Mempelajari Berbagai Jenis Drone yang Biasa Digunakan oleh Pilot Drone

Anda juga harus mempelajari berbagai jenis dan tipe Drone yang ada, dari mulai tipe Drone untuk pemula, Drone kamera, hingga tipe Drone yang biasa dipakai oleh para profesional menengah ke atas.

4. Membaca Bagaimana Perusahaan Teratas di Industri Drone Bekerja

Saat menjalankan bisnis ini, Anda juga bisa belajar dengan melihat dan membaca bagaimana perusahaan teratas di bidang industri Drone ini bekerja. Anda bisa membuat daftar perusahaan mana saja yang berhubungan langsung dengan Bisnis Drone yang nanti akan Anda jalankan.

5. Mempertimbangkan untuk Menambah Keterampilan

Anda juga bisa mempertimbangkan kembali bagaimana caranya meningkatkan keterampilan atau tingkat kemahiran Anda dalam menjadi seorang Pilot Drone. Anda harus berupaya dan berusaha bagaimana cara menjadi seorang Pilot Drone yang lebih terampil dan berpengalaman, dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Teknik dalam Belajar Drone Untuk Pemula

6. Memerhatikan Asuransi Drone

Di dalam bidang pekerjaan Drone itu sendiri juga terdapat asuransi Drone yang akan melindungi Pilot Drone seutuhnya. Asuransi ini akan membuat Anda lebih tenang dalam berpikir dan membuat membuat pekerjaan Anda sebagai Pilot Drone menjadi lebih profesional.

7. Melakukan Perencanaan Bisnis Awal

Jika semua persiapan sudah dilakukan, kini saatnya untuk memulai bisnis dengan perencanaan awal dahulu. Anda bisa mulai menyusun anggaran, mengidentifikasi konsep dan tema seperti apa yang akan Anda kerjakan, hingga memikirkan kembali bagaimana pemasaran serta penjualan yang seperti apa yang kelihatannya bagus untuk kemajuan bisnis Drone Anda.

Dalam bidang apapun, bisnis yang akan mulai dijalankan tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Sama halnya dengan bisnis di bidang Drone atau menjadi seorang Pilot Drone juga membutuhkan rencana yang matang dan jelas.
Itulah informasi seputar bisnis drone yang bisa Anda pilih sebagai pilihan profesi atau usaha. Dengan mengikuti tips ini, maka usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik dan lancar.