Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Mengambil gambar menggunakan drone memang sangat memukau dan mengagumkan. Untuk hasil yang lebih menawan, sebaiknya jangan lupa memberikan sentuhan editing pada gambar tersebut sebelum di post. Pasalnya, beberapa foto hasil kamera drone mungkin tidak begitu sempurna. Tentu saja ini adalah hal yang wajar mengingat bahwa pengambilan foto dilakukan dari atas ketinggian.

Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah karena sekarang ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu menyempurnakan foto drone. Baik digunakan melalui komputer maupun smartphone. Adobe Photoshop dan Lightroom menjadi 2 aplikasi edit foto drone yang sangat direkomendasikan untuk mendapatkan hasil terbaik. Lalu, apa yang perlu dilakukan saat mengedit hasil foto drone?

Inilah 5 Cara Agar Foto Hasil Kamera Drone Lebih Sempurna

1. Tingkatkan Ketajaman Gambar

Ketika mengambil foto dengan drone dari ketinggian beberapa ratus kaki di udara, artinya objek gambar yang diambil akan lebih jauh dibandingkan pada pengambilan gambar fotografi biasa. Hal ini bisa menyebabkan beberapa detail kecil pada gambar drone hilang atau terlihat kurang jelas.

Maka dari itu, penting untuk mengatur ketajaman untuk memperkuat setiap detail kecil pada foto hasil kamera drone. Meningkatkan ketajaman gambar memang cukup riskan. Efek penajaman gambar baru bisa terlihat dengan jelas setelah melakukan zoom 400%. Meski efeknya kecil, namun bukan berarti menggunakan fitur penajaman gambar tidak penting. Justru ini sangat penting dilakukan pada hasil foto drone yang diambil dari jarak jauh.

Baca Juga : Cara Setting Kamera Untuk Drone Fotografi

2. Hilangkan Objek yang Mengganggu

Seringkali hasil foto drone menjadi kurang sempurna karena adanya kehadiran hal-hal kecil yang tak terduga. Kehadiran orang atau benda tertentu yang tertangkap kamera pastinya bisa mengganggu pemandangan utama.

Apakah hal-hal kecil semacam ini bisa dihilangkan? Tentu saja bisa! Untuk mengatasi masalah ini, lakukan zoom pada beberapa objek yang terlihat mengganggu. Pada Photoshop, gunakan clone stamp tool untuk mengatur pixels di sekitar objek yang ingin dihapus atau dihilangkan.

3. Jangan Lupa Potong dan Luruskan

Meskipun kamera drone sudah mengambil gambar dari gimbal yang seimbang, namun bukan berarti setiap foto yang dihasilkan akan sempurna. Kadangkala, hasil foto drone memiliki kemiringan yang kurang pas. Maka dari itu, teknik cropping sangat penting untuk menghasilkan gambar yang lebih sempurna.

Namun, pastikan untuk melakukan crop dengan mematuhi 3 aturan dasar untuk menentukan focal point. Apakah jenis foto berupa landscape, portrait, atau ingin menentukan titik Point of Intersection (POI). Semua memiliki aturan yang berbeda dan perlu diperhatikan.

Baca Juga : Cara Menerbangkan Drone Fotografi Yang Aman

4. Kurangi Noise Pada Gambar

Hasil foto drone memang terkenal dengan gambar yang bising, terutama pada bayangan. Terjadinya kebisingan pada gambar drone, tentu akan mengurangi nilai estetika atau keindahan dari gambar itu sendiri.

Oleh karena itu, gunakan brush tools yang secara selektif akan menyapu filter pada area yang mengalami kebisingan. Lakukan zoom pada untuk melihat area yang mengalami kebisingan dengan lebih jelas, lalu gunakan brush tools untuk mengurangi kebisingan pada gambar.

5. Gunakan Saturasi dengan Sesuaikan Tingkatan

Saturasi berguna untuk mengatur tingkat keterangan warna yang akan membuat foto drone terlihat lebih apik. Namun, perlu berhati-hati jika ingin bermain dengan saturasi karena bisa membuat hasil foto justru terlihat seperti berasal dari tahun 1980-an.

Menyesuaikan tingkatan kontras dan shadows juga bisa dilakukan untuk mempercantik foto drone. Cara ini berguna untuk mengatur tingkat terang dan gelap pada foto yang dihasilkan. Gunakan bantuan histogram untuk menentukan titik mana saja yang perlu ditambahkan tingkat terangnya serta titik manakah yang perlu untuk ditambah kegelapannya.

Baca Juga : Tips Memilih Drone Fotografi yang Tepat

Setiap foto hasil kamera drone tentunya memiliki keunikan tersendiri. Sentuhan editing yang bagus pada sebuah foto, belum tentu akan memberikan hasil yang baik pula untuk foto lainnya. Maka dari itu, jangan selalu gunakan pengaturan yang sama untuk semua gambar. Jangan takut bereksperimen karena ada tombol undo yang bisa mengembalikan gambar ke posisi awal jika hasil editing belum sesuai keinginan.