Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Drone bukan hanya digunakan untuk keperluan pekerjaan dan hiburan saja, tetapi Drone juga memiliki asuransinya masing-masing. Karena penggunaan Drone ini bisa menjadi berbahaya, dan menimbulkan celaka. Sehingga, Drone juga harus memiliki asuransi untuk melindungi Drone dan penggunanya. Ada beberapa tipe asuransi Drone yang bisa dipilih oleh para penggunanya.

Baca Juga : Tips Mencegah Kecelakaan Drone Jatuh Saat Belajar

Jenis-Jenis Asuransi Drone

Secara umum, tipe atau jenis asuransi Drone dibagi menjadi dua macam. Yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Drone Liability Insurance

Anda bisa memikirkan bagaimana pertanggungjawaban asuransi Drone, seperti yang pernah Anda lakukan pada asuransi mobil atau motor pribadi Anda. Biasanya polis asuransi akan melindungi Anda dari adanya klaim kerusakan atau cedera dan properti milik pihak ketiga. Seperti misalnya Drone yang menabrak gedung, mobil, atau insiden lainnya yang dilakukan tanpa disengaja. Misalnya orang mengalami kerugian akibat Drone Anda meminta ganti rugi untuk menutupi biaya medisnya, maka Anda bisa menggunakan asuransi tersebut.

Tingkatan dalam asuransi tanggung jawab ini cukup beragam, pastikan untuk kembali berkonsultasi dengan cetakan kebijakan khusus dari asuransi itu. Supaya nanti Anda bisa melihat apakah hal-hal seperti kelalalaian atau klaim pelanggaran, akan ditanggung oleh asuransi atau tidak.

Anda juga bisa menggunakan produk asuransi tanggung jawab ini sesuai dengan permintaan. Maka Anda harus membayar waktu yang Anda keluarkan untuk hal itu. Misalnya pada asuransi Skywatch dengan biaya mulai dari $5 per jam. Skywatch ini merupakan asuransi untuk Drone yang berdasarkan permintaan, dan sudah populer di AS.

2. Hull Insurance

Pada umumnya, pertanggung jawaban berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan adalah pertanggungan lambung. Artinya Anda benar-benar mengasuransikan Drone yang sesungguhnya.

Misalnya ketika Anda menerbangkan Drone DJI, maka mungkin Anda akan mempertimbangkan asuransi ini secara langsung. Beberapa jenis asuransi Drone yang ditawarkan oleh Hull Insurance ini diantaranya yaitu :

a. DJI Care

Asuransi ini hanya tersedia untuk tipe Drone phantom yang meliputi kerusakan pada pesawat DJI, kerusakan pada gimbal, atau kerusakan pada kamera. Selama kerusakannya memang dengan sendirinya dan bukan disengaja. Jumlah pertanggungan yang Anda terima sama dengan harga pasar, untuk layanan perbaikan di masa validitas. Tak ada batasan perbaikan untuk Drone selama jumlah totalnya tidak melebihi batas.

b. DJI Care Refresh

Paket asuransi yang satu ini merupakan jenis paket yang paling umum dijual sekarang dan terstruktur. Asuransi ini mirip dengan DJI care, walaupun paketnya memungkinkan Anda untuk melewati proses penilaian pada kutipan dan kerusakan. Pusat layanan DJI Drone pun akan memberi penggantiannya, setelah mereka menerima Drone yang rusak.

c. DJI Care Refresh +

Paket asuransi ini menawarkan 2 unit pengganti dalam 1 tahun, dan meliputi beberapa jenis kecelakaan tertentu misalnya kerusakan pada air atau tabrakan.

3. Other Types of Drone Insurance

Walaupun asuransi wajib dan lambung merupakan 2 jenis asuransi yang paling umum, tetapi mungkin saja Anda ingin menggunakan asuransi muatan. Misalnya apakah Anda membawa kamera termal, sinematografi atau multispektral, atau bisa juga sistem gimbal yang mahal.

Peralatan Drone seperti laptop, stasiun bumi khusus, casing UAV, tablet, pengendali jarak jauh dan lain sebagainya juga bisa diasuransikan. Atau bisa juga Anda ingin mengasuransikan bagian lainnya, misalnya pertanggungan cedera secara pribadi.

Anda bisa menentukan tipe asuransi Drone Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau, Anda juga bisa memilih masing-masing kelebihan Drone tersebut, dan tipe asuransi mana yang cocok dengan tipe Drone yang Anda miliki.