Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Drone semakin diminati oleh para pecinta fotografi. Namun, menerbangkan drone ternyata bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi bagi pemula yang baru mencoba menerbangkan drone untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, para pemilik drone harus belajar menerbangkan drone secara rutin agar bisa menjadi pilot drone yang profesional.

Belajar menerbangkan pesawat tanpa awak ini juga tidak boleh sembarangan. Perlu kehati-hatian agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Misalnya, drone tersangkut di pohon, drone hilang terbawa angin, atau bahkan drone menabrak tiang listrik. Maka dari itu, pilih tempat yang aman untuk menerbangkan drone sesuai dengan peraturan dan regulasi drone di Indonesia demi kelancaran proses latihan.

Syarat Tempat yang Aman untuk Belajar Menerbangkan Drone

Bagi seorang pemula, lebih disarankan untuk belajar menerbangkan drone di ruang terbuka. Hal ini mengingat bahwa menerbangkan drone di ruang tertutup justru lebih berbahaya. Apalagi jika ruangannya tidak terlalu luas. Agar lebih aman, sebaiknya pilih tempat untuk belajar menerbangkan drone yang memenuhi syarat berikut ini:

1. Ruang Terbuka yang Luas

Ruangan terbuka yang luas akan lebih mudah untuk menerbangkan drone. Oleh karena itu, banyak pemula yang memilih taman atau lapangan untuk latihan menerbangkan drone. Belajar di tanah berumput juga lebih disukai karena lebih aman bagi drone saat gagal melakukan pendaratan. Tanah berumput akan melindungi drone dari kerusakan yang parah saat terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Drone yang Benar

2. Pastikan Jauh dari Bandara

Menerbangkan drone di sekitar kawasan bandara adalah dilarang. Hal ini juga menjadi peraturan resmi yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Sebaiknya, pilih tempat yang cukup jauh dari bandara yang merupakan tempat pesawat berlalu-lalang. Tentu sangat berbahaya jika latihan menerbangkan drone dilakukan di area udara yang sering dilewati oleh pesawat terbang.

3. Jauh dari Tempat Tinggal Manusia atau Hewan

Pemukiman padat penduduk juga tidak cocok dijadikan sebagai tempat untuk latihan menerbangkan drone. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi saat drone diterbangkan. Kecelakaan seperti apa pun bisa terjadi dan dapat menyebabkan cedera yang cukup serius bagi manusia maupun hewan. Untuk menghindari ini, maka pilih tempat latihan drone yang jauh dari pemukiman.

Baca Juga : Wajib Tahu Checklist Sebelum Menerbangkan Drone

4. Angin Tidak Terlalu Kencang

Beberapa tempat memang seringkali memiliki kecepatan angin yang tinggi. Lokasi semacam ini tentu kurang cocok dijadikan sebagai tempat untuk latihan drone. Angin memang menjadi musuh terburuk saat latihan drone. Jika memaksakan diri, drone bisa saja hilang tergulung angin kencang. Jadi, pilihlah tempat dimana angin tidak terlalu besar. Hal ini juga bisa diatasi dengan menerbangkan drone di pagi hari, karena umumnya kondisi angin akan lebih tenang.

5. Jauh dari Pepohonan dan Tiang Listrik

Pohon dan tiang listrik juga bisa menjadi masalah buruk saat latihan menerbangkan drone. Jika terjadi kesalahan sedikit saja saat latihan, drone bisa saja menabrak tiang listrik atau jatuh dan mendarat di pohon. Jika sudah begitu, biasanya drone jadi sulit ditemukan dan akhirnya hilang. Bisa juga drone ditemukan dalam kondisi yang rusak parah. Maka dari itu, cari tempat luas yang jauh dari tiang listrik dan pepohonan.

Nah, itu dia 5 syarat tempat yang bisa digunakan untuk belajar menerbangkan drone. Pastikan kelima syarat tersebut terpenuhi agar terhindar dari hal-hal terburuk yang tidak diinginkan. Agar lebih aman lagi, sebaiknya belajar drone sambil didampingi oleh rekan yang sudah jauh lebih ahli dalam hal menerbangkan pesawat tanpa awak ini.