Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Kian hari, teknologi pesawat tanpa awak makin digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari penggunaannya untuk pekerjaan profesional seperti sinematografer dan fotografer. Seseorang yang memiliki hobi untuk mengambil momen dari sudut atas, hingga kalangan instansi pemerintah guna mendokumentasikan momen penting, atau menggunakannya sebagai alat pemetaan guna menentukan kebijakan yang tepat bagi masyarakat. Pesawat tanpa awak atau yang lebih banyak dikenal sebagai drone ini memang membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Tak ayal jika kemudian toko-toko penjual dan service drone banyak dicari di Indonesia.

Baca Juga : Tips Membeli Drone Untuk Pemula

Terdapat beberapa fitur unggulan yang membuat tingkat penggunaan drone semakin meningkat di setiap waktunya. Salah satunya adalah fitur yang diperuntukkan untuk mengambil sebuah foto dari area dengan kontur yang sulit dijangkau, membuat film pendek, memetakan lokasi, juga mengabadikan momen-momen penting dalam hidup.

DJI merupakan salah satu brand kawakan yang memasarkan drone sebagai salah satu produk andalannya. Brand yang dimiliki oleh iFlight Technology Company Limited ini berada di pusat Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. Walau begitu, hampir semua produknya bisa ditemui di seluruh pelosok dunia. Iya, saking terkenalnya! Terlebih dengan peningkatan kualitas drone yang semakin meningkat, dibarengi pula dengan fitur-fitur yang user-friendly, tentulah membuat DJI menjadi brand yang memiliki banyak pengguna loyal.

Mengingat penggunaannya yang sangat beragam, dan terkadang tidak terbatas, membuatnya seringkali mengalami kerusakan. Bukan hanya metode perawatan yang dilakukan pemilik drone setelah menggunakannya, namun juga kepedulian dari pilot akan kondisi drone menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satu teknisi yang bekerja untuk toko reparasi drone mengungkapkan bahwasanya pilot yang kurang berhati-hati saat menerbangkan drone serta tidak teliti dalam mengoperasikannya sering menjadu penyebab drone menhalami crash. Apabila tidak segara melakukan service drone, pesawat tanpa awak tersebut bisa mengalami kerusakan serius yang menjalar ke bagian-bagian lain dari drone tersebut. Alhasil, drone akan mengalami kegagalan dalam fungsinya.

Untuk itu, tindakan pemeliharaan dan perawatan yang rutin, akan menjadi hal wajib yang harus dilakukan pemilik drone, agar menjamin pesawat tanpa awak uang dimiliki selalu dalam performa yang maksimal ketika digunakan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Merawat Drone yang Benar

Tempat Membeli dan Service Drone Resmi di Indonesia

Tempat untuk membeli dan menyervis drone resmi di Indonesia terbagi menjadi dua. Lebih detailnya ialah sebagai berikut:

1. Authorized Retail Store

DJI Authorized Retail Store ialah cabang pemasaran dari DJI yang berpusat di China. Bila Anda ingin membeli drone DJI, Anda tidak perlu repot pergi ke China, cukup dengan mendatangi DJI Authorized Retail Store yang ada di Indonesia.
Keberadaan DJI Authorized Retail Store tentu sangat memudahkan Kita dalam melakukan transaksi pembelian atau service drone. Tanpa perlu curiga ataupun merasa was-was, apakah drone yang dibeli itu original atau KW. Karena memang Autorized Retail Store memang merupakan toko resmi milik DJI yang sudah terjamin keasliannya. Ditambah lagi, adanya garansi resmi untuk drone yang rusak. Pemilik hanya perlu datang ke kantor DJI untuk memperbaiki drone tersebut.

Salah satu layanan utama yang ditawarkan oleh DJI Authorized Retail Store ialah menjual produk drone buatan DJI yang asli. Selain drone, toko ini juga menyediakan produk-produk lain keluaran DJI. Seperti misalnya saja adalah DJI Osmo dan Kartu Memori Extreme.

Layanan utama lain yang diberikan oleh DJI Authorized Retail Store adalah jasa service resmi. Dengan teknisi handal yang profesional, dibarengi dengan arahan staf yang ramah dan bersahabat, pengalaman layanan service di tempat resmi ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Baca Juga : Tips Memilih Drone Bekas yang Masih Bagus

2. Service Center

Selain DJI Authorized Retail Store, pihak DJI juga mengeluarkan Service Center untuk memenuhi kebutuhan service drone dari para penggunanya. Service Center milik DJI di Indonesia sendiri, sudah tersedia di 6 kota besar. Sebut saja,

Jakarta Pusat

Jakarta Pusat menjadi kota pertama yang ditunjuk oleh DJI untuk dijadikan sebagai salah satu pusat Service Center di indonesia. Berada di kawasan Mall Ratu Plaza, Service Center DJI ini terletak di Ground Floor unit 21, Jl. Jendral Sudirman Kav.9, RT 1/RW 3, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat 10270. Jika tertarik untuk menggunakan layanan dari Service Center ini, Anda dapat berkunjung pada jam operasionalnya, yakni Sabtu hingga Minggu mulai pukul 10:30-20:30. Atau bisa juga menghubungi kontak 0888-8529-150.
Jakarta Barat

Buka mulai jam 10:00 dan tutup pada 22:00, cabang Service Center di Jakarta Barat memiliki menjadi alternatif lain bagi Anda yang berniat untuk menyervice drone kesayangan Anda. Memiliki lokasi presisi di Mall Taman Anggrek 3rd Floor No. E25. kav 21., Jl. Tol S. Parman, RT 12/RW 1, Tanjung Duren Selatan, Palmerah, Jakarta Barat 11470. Adapun untuk kontak yang bisa dihubungi adalah 0813-1032-8328.

Jakarta Selatan

Anda dapat menghubungi nomor 0815-8599-3587 untuk melakukan service drone di kawasan Jakarta Selatan. Atau bisa juga langsung datang ke toko resminya pada alamat Pondok Indah Mall North Skywalk 2nd Floor No.208A, Jl. Metro Pondok Indah, RT 1/RW 16, Pd. Pinang, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan 12310. Service Center ini hanya akan melayani permintaan servis yang masuk pada jam 10:00 hingga 22:00 saja.

Jakarta Utara

Selanjutnya, adalah cabang Service Center yang berada di Jakarta Utara. Dengan alamat lengkap di Jl.Boulevard Raya Klp. Gading Blok Df No. 5, RT 4/RW 17, Klp Gading Tim., Klp. Gading, Kota Jakart Utara, DKI Jakart 14240. Cabang ini buka sejak jam 10:00 pagi hingga 22:00 malam. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor (021) 22452018.

Tangerang

Jika Anda berdomisili di daerah Tangerang atau sekitarnya, Mall Alam Sutera bisa menjadi opsi lain untuk service drone DJI milik Anda. Service Center yang buka pada pukul 10:00 sampai 22:00 ini berada di area Mall Alam Sutera Unit G-ISO-02 Jl. Jalur Sutera Barat Kav.16, Kecamatan Serpong Utara Pakulonan, Tangerang 15325. Adapun untuk kontak dari cabang resmi Service Center ini adalah (021) 3044 8353.

Yogyakarta

Cabang terakhir untuk Service Center yang diberikan oleh DJI berada di Yogyakarta. Untuk dapat mengaksesnya, Anda bisa menghubungi nomor 0813-8282-2882, atau menyambanginya secara langsung di Hartono Mall Yogyakarta, Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, DIY 55283. Sama seperti Service Center sebelumnya, cabang ini buka pada pukul 10:00 pagi hingga 22:00 malam.

Rekomendasi Tempat Membeli dan Service Drone Terpercaya

Selain menggunakan layanan dari Authorized Retail Store dan Service Center resmi, Anda juga bisa memilih tempat lain yang lebih dekat untuk membeli atau service drone milik Anda. Kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi toko drone yang terpercaya di Indonesia. Apa saja ya?

1. JogjaSky Service Center

Rekomendasi pertama datang dari JogjaSky Service Center. Menjadi salah satu rujukan utama untuk perbaikan drone yang rusak atau pembelian pesawat tanpa awak berkualitas, JogjaSky memiliki komitmen untuk selalu siap sedia dalam menjaga, mereparasi, juga merawat drone dari para pelanggannya.

Baca Juga : Peralatan Drone dan Aksesoris Drone untuk Pemula

Didukung oleh peralatan lengkap yang super canggih, juga tim teknisi profesional dengan segudang pengalaman dan merupakan lulusan dari bidang elektronika, JogjaSky Service Center selalu sigap dalam membantu permasalahan dan berbagai macam kasus kerusakan yang terjadi pada drone.

Tim teknisi yang dimiliki oleh JogjaSky Service Center juga kerap bekerja sama dengan pihak DJI guna mengembangkan metode dan cara-cara baru dalam usahanya untuk memperbaiki drone. Alhasil, daripada memaksa pelanggannya untuk kembali membeli komponen baru yang harganya selangit, tim teknisi yang dimiliki oleh JogjaSky Service Center akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat memperbaikinya.

Proses perbaikan yang dilakukan oleh tim teknisi pun sangat cekatan dan tepat. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kemampuan tim itu sendiri. Agar dapat memperbaiki drone yang mengalami kerusakan, tim teknisi akan mencoba mengambil suatu diagnosa. Yang mana diagnosa tersebut akan dijadikan sebagai acuan untuk langkah perbaikan selanjutnya. Walau terdengar sederhana, metode ini cukup ampuh atasi drone yang rusak, loh!

JogjaSky juga dilengkapi dengan layanan unggulan yang diperuntukkan untuk kalanhan profesional yang ingin segera memperbaiki drone miliknya. Layanan tersebut bernama One Day Service, atau servis dalam satu hari kerja. Melalui layanan 'prioritas' ini, tim dari JogjaSky memastikan agar drone Anda bisa selesai diperbaiki dan siap untuk lepas landas lagi dalam satu hari saja. Layanan unggulan lain yang tidak boleh luput dari perhatian Anda ialah jaminan akan adanya garansi servis penuh apabila Anda membeli sebuah drone pada Authorized Store setempat.

Dengan semua layanan maksimal dan dukungan tenaga teknisi yang andal, tidak mengherankan jima kemudian JogjaSky Service Center didapuk menjadi salah satu tempat penyedia servis pesawat tanpa awak terbaik dan terbesar di seluruh pelosor negeri. Kabarnya, tempat ini mampu menyelesaikan perbaikan pada lebih dari 200 drone setiap bulannya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai JogjaSky Service Center, silakan hubungi:

Jika Anda tertarik untuk mengorek informasi lebih detail mengenai JogjaSky Service Center ini, Anda dapat menghubungi staff adminnya di nomor +62 812-2270-2838 atau bisa juga melalui email di admin@jogjasky.com

2. RCHOBBY Jakarta

RCHOBBY merupakan salah satu distributor resmi dari berbagai macam merk drone sekaligus menjadi tempat servis berkualitas yang terpercaya. RCHOBBY menggaet beberapa staf dengan skill tinggi dan pengalaman lebih dari 3 tahun guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggannya.

Mengingat RCHOBBY adalah salah satu distributor drone terbesar, mereka menyiapkan beberapa cabang guna memuaskan seluruh pelanggannya. Adapun untuk area service yang dimaksud adalah Jakarta, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Solo, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Bali, Malang, Semarang, Makassar, Samarinda, Tangerang, Bekasi, Depok, dan bahkan Batam.

Berikut ini merupakan beberapa pelayanan servis pesawat tanpa awak dari RCHOBBY yang perlu Anda ketahui.

  1. Menjadi service center untuk berbagai seri dari drone DJi. Sebut saja Inspire, Mavic, Osmo, Ronim, Xirov, Xiro4k, Ph2, Ph3, Ph4, Ph4pro, Ph4pro+, dan lainnya.
  2. Menyediakan rol arm + motor.
  3. Menyediakan bagian lengkap dari body, board, gimbal camera, dan juga yaw arm.
  4. Bekas crash atau board matot.
  5. Mc data yang error.
  6. Bunyi bip panjang yang keluar setelah terjadi crash pada board.
  7. Flight control.
  8. Gimbal mengalami error atau patah.
  9. Compass error.
  10. Fleksibel advan, pro ready, dan ph3 std.
  11. Drone yang crash ke air laut atau air tawar.
  12. Gimbal motor yang overload.
  13. Ketersediaan kabel fleksibel ph4, juga part phantom 4 yaw arm atau rol arm.
  14. Ginbal spin std dan pro advan.

Itulah beberapa tempat service drone resmi, beserta rekomendasi distributor terpercaya, yang bisa Anda gunakan untuk merawat dan memperbaiki kerusakan pada drone yang Anda miliki.