Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Menerbangkan drone bisa dibilang mudah, namun tanpa menguasai teknik dan ilmu menerbangkan drone tentu bisa menimbulkan masalah. Maka dari itu, belajar drone untuk pemula wajib dilakukan untuk membiasakan diri agar tidak merasa canggung saat mengoperasikan drone. Seiring meningkatnya jam terbang, maka nantinya akan semakin terbiasa dan menerbangkan drone bisa jadi lebih mudah.

Kunci utama dalam menerbangkan drone sebenarnya berada pada remote control yang kita pegang. Namun, memainkan semua tombol pada remote control benar-benar perlu diperhatikan karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Setiap gerakan stick dan tombol pada remote control akan mempengaruhi bagaimana drone terbang di udara.

Cara Belajar Drone Untuk Pemula

1. Menyalakan dan Mematikan Remote Control

Langkah pertama adalah belajar bagaimana cara menyalakan dan mematikan remote dengan benar. Pada remote control, terdapat tombol power yang berguna untuk menghidupkan atau mematikan remote. Untuk menyalakan remote, tombol power ditekan 1 kali dengan cepat, kemudian ditekan lagi dengan cara menahannya sekitar 5 detik hingga muncul bunyi. Begitu pula dengan cara mematikan remote control.

2. Kuasai Teknik Lepas Landas Drone

Teknik lepas lantas dan mendaratkan drone juga harus dikuasai saat belajar drone untuk pemula. Kunci dari menaikkan dan menurunkan drone ada pada throttle. Adapun posisi throttle ini adalah berada pada bagian kiri remote control. Untuk menaikkan drone atau melakukan lepas landas, dorong throttle ke bagian atas (throttle up) secara perlahan. Lakukan cara ini hanya untuk membuat baling-baling drone berjalan lambat dan mengangkat drone beberapa meter di atas tanah.

Baca Juga : Wajib Tahu Checklist Sebelum Menerbangkan Drone

3. Mempertahankan Posisi Drone Melayang

Setelah drone berhasil terangkat atau lepas landas, biarkan melayang di atas tanah selama beberapa saat. Mempertahankan posisi drone agar tetap melayang dengan seimbang memang butuh konsentrasi.  Teknik ini akan membuat pemula menjadi terbiasa untuk mengoperasikan drone saat melayang di udara.

4. Mendarat

Secara perlahan, dorong throttle lebih jauh dari sebelumnya, sehingga drone bisa terangkat dari tanah. Lalu, biarkan drone mendarat dengan cara mengembalikan throttle ke posisi semula atau menarik throttle ke posisi bawah (throttle down). Belajar lepas landas dan mendapat perlu dilakukan beberapa kali sampai benar-benar menguasainya.

Baca Juga : Tips Mencegah Kecelakaan Drone Jatuh Saat Belajar

5. Memutar Posisi Drone

Saat menerbangkan drone di udara, maka ada kalanya harus memutar atau mengubah arah secara bersamaan. Untuk itu, belajar memutar posisi drone juga sangat penting bagi pemula. Gerakan memutar posisi drone dilakukan menggunakan fitur yaw, baik memutar searah ataupun berlawanan dengan jarum jam. Cara memutar posisi drone adalah dengan menggerakkan stick kiri ke sisi kanan atau kiri sesuai yang dikehendaki. Lakukan latihan ini sampai beberapa kali.

6. Menggerakan Drone ke Kanan dan ke Kiri

Gerakan drone ke kanan atau ke kiri bisa dilakukan dengan menggunakan fitur roll. Degan fungsi ini, maka kedudukan drone bisa bergerak ke arah yang dikehendaki. Cara menggunakan fitur roll adalah dengan menarik stick yang berada di bagian kanan.


Untuk menggerakkan drone ke kanan, maka tarik stick kanan ini ke kanan. Begitu juga sebaliknya untuk menggerakan drone ke sisi kiri. Untuk belajar teknik ini, pastikan posisi drone berada membelakangi kita, sehingga tidak menimbulkan kebingungan antara kanan dan kiri.

Baca Juga : Kenali 7 Bagian Penting Pada Drone

7. Menggerakkan Drone Maju Mundur

Manuver ini bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi Pitch. Caranya adalah dengan mendorong stick kanan ke atas atau menariknya ke bawah. Lakukan gerakan drone maju mundur secara perlahan sampai beberapa kali. Untuk membuat gerakan maju, cukup dengan mendorong stick kanan ke depan atau ke atas secara perlahan. Sementara untuk gerakan mundur, dorong kembali stick kanan ke bagian bawah secara perlahan. Lakukan sampai benar-benar menguasainya.

Itu dia beberapa teknik yang perlu dipelajari para pemula. Lakukan teknik tersebut sampai beberapa kali hingga benar-benar menguasainya. Belajar drone untuk pemula memang perlu dilakukan agar nantinya bisa lebih aman saat menerbangkan drone ke posisi yang lebih tinggi.