Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Salah satu ukuran standar dari sebuah drone adalah sebuah kamera yang terpasang pada badannya. Jelas, bila suatu drone tidak memiliki kamera, bisa disamakan dengan mencangkul tanpa cangkul, percuma! Meskipun rata-rata kamera drone memiliki kualitas yang jelek, namun hal tersebut tetap mumpuni untuk digunakan dalam aktivitas perekaman video ataupun pengambilan gambar. Terlebih dengan adanya fitur kamera FPV (First Person View) yang memungkinkan penggunanya untuk melihat langsung gambar video layaknya seorang pilot pesawat terbang. Bicara soal fitur FPV, apa sajakah rekomendasi drone FPV untuk pemula yang patut dicoba?

Baca Juga : 7 Drone Terbaik Untuk Videografi Udara

Rekomendasi Drone FPV Untuk Pemula

Sudah banyak tersebar drone murah lengkap dengan kamera yang bisa didapatkan dengan mudah melalui pasar online, baik di Indonesia maupun pasar Luar Negeri. Nah, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi drone FPV khusus untuk pemula dengan kualitas terbaik dan harga yang ramah terhadap kantong Anda. Let’s jump to the list!

1. Eachine E31

Produk drone FPV pertama datang dari perusahaan kawakan, Eachine, yang mengeluarkan seri Eachine E31. Didesain secara eksklusif dan elegan dengan menempatkan kameranya menyatu pada bodi drone. Eachine E31 yang memiliki ukuran 27 x 27 x 7 cm ini, memiliki motor brushed yang lebih kuat daripada seri sebelumnya.

Meskipun bisa dibilang Eachine E31 ini masuk ke dalam kelas ‘drone mainan’, namun kamera FPV yang dipasangkan pada seri ini memiliki kualitas sebesar 2 MP dengan resolusi hingga 720p. Menariknya lagi, baterai dari drone ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk urusan pengisian. Cukup men-charge-nya selama 1 jam dan drone dapat kembali digunakan.

Adapun beberapa spesifikasi dari Eachine E31 yang perlu diketahui adalah jarak terbangnya yang bisa menjangkau area sepanjang 70 meter. Waktu terbang yang diperkirakan bisa bertahan selama 7 menit dengan kapasitas baterai sebesar 400 mAh. Berat drone yang mencapai angka 250 gram. Serta beberapa fitur unggulan yang dimilikinya seperti FPV Camera, One Key To Return, Altitude Hold, dan 360 Rolling.

Untuk harganya, Eachine membandrol seri Eachine E31 dengan harga Rp450.000. Jika Anda tertarik untuk memiliki drone FPV untuk pemula yang satu ini, Anda harus memesannya pada pasar online luar negeri. Produk tersebut diestimasikan akan sampai ke rumah pemesannya dalam estimasi 20 hari sejak hari pemesanan dilangsungkan.

Baca Juga : Deretan Drone Kamera Terbaik

2. Syma X21W

Produsen Syma dikabarkan telah meluncurkan seri mini dari produk drone produksinya yang diberi nama Syma X21 W. Produk ini diklaim sebagai produksi Syma yang paling laris dipasaran. Bukan tanpa sebab, Syma X21 W dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Kendati demikian, drone yang sudah dilengkapi dengan kamera FPV ini sangat lincah saat diterbangkan di udara.

Kelebihan dari produk drone fpv untuk pemula ini ialah desainnya yang sangat baik dan sudah modern. Ditambah lagi dengan kemampuan terbang yang mudah untuk dikendalikan. Tak ayal jika kemudian banyak orang yang merekomendasikan drone Syma mini ini untuk digunakan oleh para pemula.

Sayangnya, durasi terbang Syma X21 W cukup singkat, yakni 5 menit saja. Dengan durasi tersebut, waktu pengisian daya yang diperlukan cukup lama, yaitu 1 jam 40 menit. Selain itu, seri ini juga tergolong sulit untuk ditemukan di pasaran Indonesia, disamping karena dipasarkan di pasar luar negeri, produk ini juga diminati secara global.

Beberapa spesifikasi dari Syma X21 W adalah kapasitas baterai sebesar 380 mAh 3,7 Volt,  memiliki berat total 220 gram dengan ukuran 13,6 x 13,6 x 3,1 cm. Mampu terbang dengan jangkauan jarak 20 meter dan kamera 0,3 MP. Syma X21 W juga dilengkapi dengan fitur-fitur drone unggulan seperti One Key Take Off, Altitude Hold, dan yang pastinya kamera FPV. Harga yang diberikan oleh Syma untuk seri ini adalah Rp560.000.

Baca Juga : Rekomendasi Drone Murah untuk Pemula

3. Mini RC Spy SMRC

Drone FPV untuk pemula berikutnya adalah Mini RC Spy SMRC. Masuk ke dalam jajaran drone terbaik, Mini RC Spy SMRC ini memiliki desain yang sangat unik dengan adanya pelindung di keseluruhan bodinya, sehingga penggunanya tak lagi perlu khawatir saat drone tiba-tiba menabrak dinding rumah atau objek keras lainnya. Dijamin aman! Terlebih lagi, drone yang memiliki fitur alt hold ini bisa terbang dengan stabil di udara. Sehingga potensi terjadinya kecelakaan udara pun bisa diminimalisir.

Meskipun produk besutan SMRC memiliki kualitas yang bagus, baterai lipo yang digunakannya cukup jarang dijual dipasaran. Hal tersebut tentu menjadi kendala yang sangat berarti ketika baterai drone yang digunakan rusak ataupun mengalami minor.

Dengan harga Rp510.000, Anda bisa memperoleh drone berukuran 6,5 x 6,5 x 2,5 cm dengan berat 150 gram. Drone dengan kapasitas baterai sebesar 240 mAh ini dapat terbang selama 7 menit. Untuk dapat mengisi penuh baterai drone, dibutuhkan waktu selama 1 jam penuh. Mini RC Spy SMRC dipasangi dengan kamera 2 MP dengan resolusi 720p. Untuk fitur andalannya, drone yang mampu terbang hingga jarak 20 meter, dilengkapi dengan Draw Fly, VR FPV, Altitude Hold, dan juga One Key Return.

4. Visuo XS809W

Banyak orang beranggapan bahwa drone Visuo XS809W ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Dji Mavic, karena keduanya sama-sama bisa dilipat. Malahan, drone yang masih berada di kelas ‘mainan’ ini terlihat persis seperti drone profesional lainnya. Drone FPV untuk pemula dari Visuo sangatlah nyaman untuk diterbangkan di luar ruangan/outdoor. Jarak tempuh dari drone ini adalah 50 meter. Mengingat FPV merupakan salah satu spesifikasi yang terpasang dalam seri ini, pengguna dapat melihat rekaman video ataupun jepretan gambar secara langsung melalui ponsel genggam yang digunakan.

Sayangnya, drone ini memiliki kelemahan pada bagian G Sensornya, karena kerap mengalami error. Dimana salah satu fungsi dari G Sensor seperti Follow Me yang akan membuat drone mengikuti gerak dari remot control, sangatlah krusial keberadaannya. Selain itu, ketersediaan baterai dari seri ini juga tergolong jarang, sehingga penggunanya harus menyetok beberapa baterai dalam jumlah yang cukup.

Seri XS809W diberikan beberapa spesifikasi yang ideal oleh Visuo. Seperti 21 x 21 x 6 cm sebagai ukurannya dan 500 gram sebagai beratnya. Drone yang mampu terbang hingga 10 menit ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar bila dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya. Yakni 900 mAh 3,7 Volt. Untuk waktu pengisian baterainya, Visuo XS809W membutuhkan waktu hingga 100 menit.

Kamera yang terpasang pada drone ini memiliki kualitas sebesar 2 MP HP. Selain FPV Camera dan G sensor, XS809W dibekali dengan 360 Flip dan One Key Return. Jika tertarik untuk memilikinya, siapkan dulu budget sebesar Rp625.000!

Baca Juga : 5 Drone Ini Direkomendasikan Untuk Pemula

5. Hubsan X4 Camera

Adapula drone FPV untuk pemula keluaran dari Hubsan, yakni Hubsan X4 Camera. Untuk urusan kamera, bisa dibilang drone ini memiliki kualitas yang lebih baik daripada drone pemula lainnya. Ditambah lagi, drone ini memiliki desain mini dan futuristik yang sangat menarik untuk diterbangkan.

Hasil gambar yang diperoleh Hubsan X4 Camera sedikit lebih tajam dan berwarna sama halnya seperti drone profesional. Kegiatan penerbangan drone di luar ruangan pun cenderung stabil, sehingga hasil video tidak akan goyang dikarenakan hembusan angin. Kelemahan dari drone ini ialah perangkat FPVnya yang dijual secara terpisah, dan harga penambahannya pun cukup besar.

Drone dengan ukuran 11 x 8 x 3,5 cm dan berat 585 gram ini dipasangi dengan baterai berkapasitas 530 mAh 3,7 Volt. Untuk durasi terbangnya adalah 7 menit dan durasi pengisian baterainya adalah 40 menit saja. Jarak terbang yang dimiliki oleh drone berspesifikasi 720p HP Camera ini adalah 50 meter. Harga dari Hubsan X4 Camera sendiri adalah Rp710.000 saja. Sebanding lah ya dengan spesifikasinya!

6. FQ777 FQ02

Tergolong sebagai drone FPV untuk pemula baru, FQ777 FQ01 banyak menyita perhatian dari masyarakat karena namanya yang cukup aneh sekaligus unik. Pasalnya, nama dari drone ini berupa kombinasi huruf dan angka yang belum diketahui secara luas apa maksudnya. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa drone ini hanyalah produk percobaan untuk mengetes pasar.

Terlepas dari namanya yang out of the box, drone FQ777 FQ02 memiliki desain yang menyerupai salah satu seri drone keluaran JXD, sudah mendapatkan hasil review yang cukup positif dari para penerbang drone pemula di luar negeri. Sederhana saja, mereka menilai drone ini sangat mudah dan stabil untuk diterbangkan.

Beberapa spesifikasi dasar dari drone ini adalah 40 x 40 x 13 cm untuk ukurannya, 242 gram untuk beratnya, 850 mAh 3,7 Volt sebagai kapasitas baterai, dan 2 MP Camera. Selain itu, drone yang mampu terbang selama 8 menit dalam jarak 100 meter ini juga dilengkapi dengan One Key Take Off, Altitude Hold, One Key Return, 360 Flip, dan juga FPV Camera. Dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkannya, pengguna harus membayar Rp750.000 bila ingin memilikinya.

Baca Juga : Jenis Drone Profesional yang Sering Digunakan

7. UDI 818A

UDI 818A menjadi salah satu kandidat unggulan dalam kategori drone FPV untuk pemula yang tertarik untuk belajar mengoperasikan drone dengan serius. Hal tersebut dikarenakan drone ini sudah mampu mengangkat beban sebuah action cam atau kamera FPV yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh drone profesional.

Drone ini memiliki kelemahan dalam hal baterainya yang mudah ngedrop. Oleh karena itu, pengguna wajib merawat baterai sesuai dengan petunjuk yang disediakan, agar kondisi baterai tetap terjaga dengan baik.

Berukuran 33 x 43 x 5 cm dan berbobot 242 gram, UDI 818A dilengkapi dengan kamera Full HD 720p yang sudah bisa FPV. Dan bahkan penggunanya dapat menambahkan VR Goggles yang dijual secara terpisah. Selain FPV, UDI 818A digawani dengan fitur 360 Flip dan One Key Return.

Beralih pada baterai, UDI 818A memiliki kapasitas baterai sebesar 500 mAh 3,7 Volt dengan waktu charge 130 menit. Dengan besaran kapasitas tersebut, drone ini mampu terbang hingga 9 menit dalam jarak 100 meter. Bila Anda berminat untuk membelinya, jangan lupa siapkan kocek sebesar Rp920.000 ya!Itulah beberapa rekomendasi drone FPV untuk pemula yang bisa Anda coba. Dengan niat yang serius dan kelengkapan alat yang memadai, prosesi belajar menerbangkan drone pun menjadi mudah dan terasa menyenangkan.