Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Belakangan ini, semakin banyak pemula yang tertarik untuk belajar menerbangkan drone. Sebagai seorang pemula, pemahaman mengenai teknik pengambilan gambar drone saat melayang di udara tentu masih sangat terbatas. Berbeda dengan para profesional yang bisa melakukan berbagai manuver atau teknik pengambilan gambar yang lebih keren dan mengagumkan.

Beberapa Perbedaan Teknik Pengambilan Gambar Drone oleh Pemula dan Profesional

Bagi para pemula yang masih belajar menerbangkan drone, ada beberapa gerakan atau teknik pengambilan gambar drone yang perlu dicoba. Tentu saja, gerakan pilot pemula drone masih cukup sederhana. Namun, teknik ini bisa dicoba agar lama-lama mulai terbiasa bermanuver di udara dan nantinya bisa mencoba teknik yang lebih keren lagi.

1. Teknik Pengambilan Gambar di Tempat

Teknik ini adalah gerakan yang paling sederhana. Bisa dilakukan oleh pemula yang masih berada pada tahap awal latihan menerbangkan drone. Untuk melakukan teknik ini, maka pemula tidak perlu melakukan gerakan apa-apa. Cukup dengan mempertahankan drone melayang di udara pada satu tempat yang sama. Kemudian, ambil beberapa gambar foto atau video pada objek yang diinginkan.

2. Teknik Pengambilan Gambar dengan Gerakan ke Kiri atau Kanan

Setelah belajar cara mengambil gambar di tempat, pemula juga bisa mencoba mengambil gambar dengan menggerakkan drone terbang ke kiri atau kanan. Cara ini dilakukan dengan menggunakan fitur roll pada flight control. Gerakan roll dilakukan dengan menarik stick kanan pada flight control ke samping kanan atau kiri secara perlahan. Jika ingin membuat gerakan drone ke arah kiri, maka geser stick kanan ke sisi kiri. Begitupun sebaliknya.

3. Teknik Pengambilan Gambar dengan Gerakan Maju Mundur

Selain bisa melakukan gerakan drone bergeser ke kana atau kiri, pemula pun bisa membuat gerakan maju dan mundur untuk pengambilan gambar di atas udara. Teknik ini dilakukan dengan memanfaatkan fitur pitch. Fitur ini dijalankan dengan cara memberi sedikit dorongan pada stick kanan, baik ke depan atau belakang.

Untuk gerakan drone maju ke depan, caranya adalah dengan mendorong stick kanan ke arah atas secara perlahan. Begitu pula untuk membuat gerakan drone mundur ke belakang, maka stick kanan ditarik perlahan ke arah bawah.

4. Teknik Pengambilan Gambar dengan Pola Persegi dan Lingkaran

Setelah melakukan beberapa gerakan yang sederhana, kini saatnya pemula mencoba teknik yang lebih sulit untuk pengambilan gambar, yaitu menggunakan pola persegi dan lingkaran. Pola gerakan ini bisa dilakukan dengan mengkombinasikan fitur roll (bergeser ke kanan kiri), yaw (memutar ke kanan kiri), dan pitch (gerakan maju mundur). Karena masih dalam proses belajar, maka manuver ini perlu dilakukan secara hati-hati dan perlahan.

5. Teknik Pengambilan Gambar di Ketinggian yang Berbeda

Nah, teknik terakhir yang bisa dicoba oleh pemula adalah pengambilan gambar dengan menerbangkan drone pada ketinggian yang berbeda. Caranya adalah dengan memainkan fitur throttle pada remote control.

Untuk mengambil gambar di posisi yang tinggi, yaitu dilakukan dengan melakukan throttle up atau mendorong stick kiri ke arah depan atau atas. Sementara untuk mengambil drone saat terbang lebih rendah, maka dilakukan dengan menurunkan ketinggian drone menggunakan throttle down atau menarik stick kiri ke posisi bawah.

Berbeda dengan kelima teknik pengambilan gambar yang dilakukan pemula, para profesional tentu bisa melakukan teknik yang lebih rumit untuk pengambilan gambar selama drone terbang di udara. Nah, salah satu teknik yang biasanya dilakukan oleh profesional adalah pola angka 8. Pola ini membutuhkan beberapa kombinasi gerakan berputar ke kanan atau kiri dan mengharuskan drone selalu menghadap ke depan.

Untuk bisa melakukan teknik pengambilan gambar drone yang lebih rumit, pemula tentu membutuhkan jam terbang yang lebih tinggi. Semakin banyak melakukan penerbangan, nantinya tidak lagi merasa canggung untuk mencoba beberapa manuver lain yang lebih keren. Tentu butuh kerja keras agar pemula bisa menjadi pilot drone yang profesional.