Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Seorang pilot Drone yang menggunakan Drone hanya untuk bersenang-senang biasanya menggunakan tipe Drone rekreasi. Sedangkan tipe Drone komersial biasanya akan digunakan oleh seorang pilot Drone yang tujuannya untuk mendapatkan uang. Walaupun begitu, masih ada banyak tipe Drone lainnya selain dua jenis Drone tersebut, yang juga bisa Anda pilih.

Baca Juga : Macam-Macam Tipe Drone yang Wajib Diketahui

Drone Recreational dan Drone Commercial memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Drones Recreational

Hal pertama yang harus Anda ketahui dalam Drone rekreasi ini adalah, walaupun Drone ini digunakan untuk bersenang-senang saja tapi setiap orang menggunakan Drone itu dengan tujuan yang berbeda-beda.

Dan tidak semua orang yang menggunakan Drone rekreasi ini hanya menggunakannya dengan Drone mainan. Karena ada banyak tipe Drone rekreasi lainnya, yang bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan spesifikasinya masing-masing.

Baca Juga : Tips Traveling Seru dengan Drone Lipat

Beberapa jenis Drone yang diterbangkan oleh pilot Drone rekreasi ini memang berupa Drone mainan. Biasanya tipe Drone ini disebut dengan mini atau mikro Drone, karena ukurannya juga memang kecil. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau dan bisa dioperasikan di mana saja.

Keunggulan dari tipe Drone mainan ini adalah, lebih tahan lama dan sebaiknya diterbangkan di dalam ruangan saja. Dengan ukurannya yang cukup kecil, akan membuat Drone ini terbang tidak seimbang karena terhempas oleh angin yang besar.

Meskipun jenis Drone ini hanya diterbangkan beberapa waktu saja dan digunakan sebagai hiburan, tetapi Anda juga bisa memilih tipe Drone Recreational yang harganya lebih mahal. Serta dengan spesifikasi yang lebih lengkap. Bahkan biasanya tipe Drone tersebut memiliki kualitas kamera yang sangat bagus, sehingga bisa digunakan untuk melakukan selfie.

Drone Commercial

Jika Drone rekreasi harganya lebih murah biasanya untuk Drone Commercial harganya lebih mahal, tetapi sebanding dengan kualitas Drone tersebut. Selain itu, Drone komersial ini juga bisa digunakan untuk beragam jenis pekerjaan. Anda bisa menyesuaikan tipe Dronenya dengan kebutuhan pekerjaan Anda, atau bidang pekerjaan yang Anda pilih.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pekerjaan dari Drone

Biasanya, beberapa pilot Drone komersial ini merupakan generalis atau melakukan jenis pekerjaan yang sifatnya umum. Misalnya pekerjaan untuk pemotretan di udara, yang dilakukan untuk memasarkan perumahan real estate. Atau pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan pengumpulan data di udara, untuk melakukan inpseksi atap yang berhubungan dengan perusahaan asuransi.

Biasanya tipe pekerjaan itu tidak harus menggunakan muatan atau perangkat lunak khusus dengan tema tertentu. Untuk bidang pekerjaan lainnya, biasanya harus menggunakan peralatan khusus. Misalnya inspektur HVAC yang memakai kamera termal untuk pekerjaan mereka.

Atau digunakan oleh seorang pilot Drone yang bekerja dengan cara eksklusif pada sebuah set film, dengan Drone rig yang besar yang dibuat secara khusus untuk memegang kamera yang harganya sangat mahal.

Baca Juga : Forum-Forum Pilot Drone Terbaik

Jenis pekerjaan apapun, akan menentukan jenis Drone Commercial apa saja yang dibutuhkan pilot Drone. Selain spesifikasi lengkap, harganya juga cukup berpengaruh pada tipe Drone tersebut.

Berikut ini beberapa merek dan tipe Drone Komersial yang bisa Anda gunakan :

1. DJI Spark

Tipe Drone ini cocok untuk pekerjaan fotografi/videografi udara untuk para pemula.

2. DJI Mavic 2 Pro

Tipe Drone ini juga cocok untuk kebutuhan fotografi dengan hasil dan kualitas yang tinggi.

3. Seri Matrice DJI

Cocok untuk kebutuhan sinematografi di udara, yang digunakan oleh seorang profesional untuk memproduksi film atau televisi.

Kini, Anda bisa menentukan sendiri jenis Drone Commercial dan Drone Recreation apa yang sesuai dan pas dengan kebutuhan Anda.