Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Drone sudah menjadi barang kebutuhan bagi sebagian besar orang, dan bukan lagi hanya sekadar hobi. Bahkan banyak orang yang menggunakan Drone sebagai salah satu alat dalam pekerjaannya. Maka Anda juga harus paham peralatan Drone apa saja yang dibutuhkan, dan aksesoris apa saja yang diperlukan sebagai kelengkapan Drone itu sendiri.

Bagi para pecinta atau pengguna Drone tentu mereka akan menambahkan beberapa aksesori pada Drone yang akan berguna untuk meningkatkan kinerja Drone tersebut. Jenis aksesoris yang paling banyak dicari oleh para pengguna Drone adalah aksesoris yang inovatif, yang tidak akan diperoleh saat pengguna membeli Drone tipe baru. Biasanya aksesoris dibeli terpisah untuk dipasang pada Drone itu.

Sama halnya dengan para profesional, yang sengaja membeli aksesoris Drone tersebut supaya hasilnya semakin produktif.

Peralatan Drone dan Aksesoris yang Harus Dimiliki

Berikut ini beberapa perlengkapan atau peralatan Drone yang harus Anda miliki :

1. Propeller Guard

Peralatan Drone yang satu ini menjadi rekomendasi bagi para pengguna atau pilot Drone yang sudah profesional. Propeller atau baling-baling pada Drone adalah jenis alat Drone yang mudah patah atau rusak, apalagi pada tipe Drone yang ukurannya besar bisa menimbulkan kerusakan/kecelakaan yang cukup serius.

Untuk mencegah agar baling-baling ini tidak mudah rusak maka Anda bisa mencoba menggunakan propeller guard yang nantinya akan melindungi diri Anda sendiri.

Baca Juga : Cara Memasang Baling Baling Drone agar Seimbang

2. Extra Battery

Extra battery juga sangat dibutuhkan pada Drone karena battery itu sendiri menjadi salah satu bagian yang sangat penting pada Drone. Kebanyakan battery mAH pada Drone memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar atau ada di level menengah ke bawah. Sehingga ketahanan waktunya hanya sekitar 15-30 menit untuk terbang.

Itulah sebabnya Anda membutuhkan extra battery, khususnya jika Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menerbangkan Drone ini.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Drone yang Baik dan Benar

3. Carrying Case

Drone sudah bukan lagi menjadi alat hiburan, tapi Drone bisa menjadi investasi bagi Anda. Maka Anda memerlukan aksesoris Drone seperti Carrying Case yang nantinya akan menjamin keselamatan dari perlengkapan Drone tersebut. Anda bisa memilih jenis Carrying Case yang mempunyai pelindung baik bagian dalam/luar yang teksturnya lembut agar melindungi seluruh bagian Drone.

4. Charger Battery

Dalam mencharger battery Drone biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga Anda harus memilih jenis charger yang mampu mengecas battery sekaligus. Karena pada charger bawaan dari Drone tipe baru, cara mengecasnya tetap harus bergiliran meskipun jumlahnya ada sekitar 4 port.

5. Filter

Anda juga bisa melengkapi Drone dengan aksesoris filter yang fungsinya adalah untuk mengekspresikan gambar supaya menjadi lebih baik. Filter ini juga akan membantu Anda menciptakan/menghasilkan foto yang bagus. Apalagi jika Anda menggunakan tipe Drone Mavic Pro maka Anda akan memerlukan aksesoris filter ini, agar hasil gambar lebih baik.

6. Extra Memory

Pengguna Drone atau orang yang bekerja dengan menggunakan Drone harus memiliki extra memory cadangan, yang nantinya bisa digunakan jika memory yang Anda miliki bermasalah atau kapasitasnya sudah tidak mencukupi lagi. Bisa juga menggunakan memory eksternal, jika ingin memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar sehingga bisa menyimpan gambar/video yang lebih banyak.

Masih banyak jenis peralatan Drone dan aksesorisnya yang lain yang bisa Anda gunakan dan melengkapi Drone yang Anda miliki. Perlengkapan pendukung pada Drone ini akan sangat membantu Anda sebagai pengguna Drone, yang akan melancarkan pemakaian dan juga memudahkan prosesnya.