Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Pada saat Anda akan menerbangkan Drone tentu Anda dituntut untuk mempelajari tata cara terbang pada Drone tersebut. Termasuk apa saja fungsi dari bagian flight control drone yang juga memainkan peran penting pada Drone.

Selain itu, Anda juga harus mampu mendiagnosis apa saja kendala yang dihadapi saat menerbangkan Drone dan bagaimana cara memperbaikinya. Hal ini menjadi sangat penting karena jangan sampai Anda mengalami gagal terbang ketika menerbangkan Drone tersebut.

Ada beberapa bagian utama yang terdapat pada Drone, yang diantaranya yaitu sebagai berikut :


Motors
• Battery and Charger
• The Frame
• Flight Control Board
• Propellers
• Electronic Speed Control (ESC)
• Radio Transmitter and Receiver

Fungsi Utama Flight Control Drone

Sekumpulan komponen dan juga sensor yang ada pada Drone yang fungsinya adalah untuk menjaga Drone supaya selalu terbang dengan terkendali dan selalu seimbang, dinamakan dengan flight control drone.

Di dalam bagian flight control drone ini terdapat sensor keseimbangan yang membuat Drone selalu dalam keadaan seimbang. Sensor keseimbangan ini disebut dengan Accelerometer dan juga Gyro. Bahkan ada beberapa bagian flight control pada Drone tipe baru yang telah dilengkapi dengan sensor tekanan udara yang meliputi kompas, barometer, magnetometer hingga GPS.

Baca Juga : Fungsi Fitur Remote Control dan Transmitter Drone

Kemudian, fungsi dari fitur barometer pada flight controll ini adalah untuk menjaga ketinggian multirotor dengan ukuran ketinggian tertentu. Sedangkan fungsi pada GPS dan magnetometer adalah untuk menjaga autopilot, orientasi serta untuk menjaga fitur failsave yang terdapat di dalamnya.

Ada banyak juga jenis flight control lainnya yang memiliki komponen perangkat keras yang sama, tetapi masing-masing dari para pengembang flight controll ini memiliki algoritmanya sendiri di dalam pemrogramannya.

Maka dari itu FC akan menghasilkan karakteristik penerbangan yang juga berbeda, sehingga setiap Drone memiliki tata cara terbang yang berbeda-beda.

Komponen Flight Controller pada Drone

Bagian flight control yang ada pada Drone ini sering kali disebut dengan bagian otak dari Drone itu sendiri. Karena fungsi lain dari flght control ini adalah untuk membaca beberapa sinyal yang berasal dari sensor lalu mengkalkulasikan yang tujuannya adalah untuk memberi perintah pada Drone, agar bergerak sesuai yang diharapkan.

Berikut ini penjelasan lengkap dari beberapa bagian yang terdapat pada flight controll beserta fungsinya :

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Bagian-Bagian Drone dan Fungsinya

1. Processor

Unit utama pada FC yang fungsinya adalah untuk menjalankan firmware autopilot serta melakukan segala perhitungan.

2. Accelerometer dan Gyroscope

Bagian sensor pada FC yang fungsinya adalah untuk mengukur bagaimana gerakan Drone dari arah dalam. Gyro bertugas untuk mengukur rotasi sedangkan Accelerometer bertugas untuk mengukur bagaimana percepatan dari translasi tersebut.

3.Compass/Magnetometer

Pada umumnya, sensor yang terdapat pada magnetometer ini bertugas untuk mengukur gaya magnetik seperti fungsi kompas secara umum. Bagian sensor ini memiliki peran penting bagi tipe Drone dengan jenis multirotor, karena pada bagian Accelerometer dan Gyroscopenya tidak bisa menunjukkan ke mana arah Drone itu terbang.

Sifat dari sensor pada magnetometer ini cukup sensitif pada interferensi elektromagnetik.

4. Barometer

Sensor tekanan pada FC yang satu ini kegunaannya adalah untuk mengukur berapa ketinggian Drone. Tekanan pada Drone akan semakin rendah apabila jika ketinggiannya semakin tinggi dari permukaan bumi. Sehingga bagian sensornya juga bersifat sangat sensitif.

Itulah penjelasan lengkap tentang fungsi flight controll Drone yang memiliki peran yang sangat penting di bagian Drone tersebut.