Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Baru-baru ini drone memiliki fungsi baru, yaitu pada bidang perumahan atau real estate. Prinsipnya adalah dengan menggunakan video, still aerial, hingga peta 3D yang pembuatannya melalui data yang ditangkap oleh Drone tersebut. Sehingga para calon pembeli bisa memperoleh tampilan yang lebih komprehensif dari sejumlah properti yang rencananya akan mereka beli. Tugas drone untuk pemetaan dilakukan oleh pilot drone tunggal yang dilakukan secara freelance.

Pilot drone akan bertugas untuk mengambil foto dan video dari udara yang nantinya akan dijual lalu dijadikan materi promosi untuk para calon konsumen. Namun perlu diketahui jika pekerjaan pemasaran real estate yang menggunakan Pilot Drone ini memerlukan keterampilan terbang serta keahlian dalam video atau fotografi. Sehingga memang perlu dilakukan pelatihan ketrampilan yang tidak sebentar agar hasil pemetaan bisa tepat sasaran dan sesuai dengan yang diharapkan.

Perlengkapan Drone untuk Pemetaan Perumahan atau Real Estate

Bagi para Pilot Drone yang akan menggunakan perangkat ini untuk kebutuhan pemetaan, inilah 2 hal yang harus disiapkan sebelum menggunakan drone untuk pemetaan:

1. Jenis Drone yang Memang Cocok untuk Pemetaan

Dalam bidang pekerjaan menjadi Pilot Drone untuk pemetaan dalam ruang pemasaran real estate ini, Anda tidak membutuhkan tipe Drone kelas atas. Menurut beberapa pilot, Anda hanya melakukan triknya dengan baik. Jika Anda memerlukan panduan saat akan membeli jenis dan tipe Drone tertentu, maka Anda bisa melihat beberapa pilihan tipe Drone yang cocok untuk pemasaran real estate ini.

Baca Juga : 5 Drone Ini Direkomendasikan Untuk Pemula

2. Perangkat Lunak Pendukung

Ketika hasil dari tangkapan Drone ini akan mulai diluncurkan, maka diperlukan beberapa perangkat lunak khusus yang akan memproses gambar serta rekaman video Anda agar hasilnya memuaskan. Salah satu perangkat lunak terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Adobe Photoshop, yang bisa digunakan untuk edit foto. Serta Adobe’s Premiere Pro yang bisa digunakan untuk mengedit video. Pilihan lainnya untuk hasil video yang bagus bisa dengan aplikasi Final Cut Pro.

Perkiraan Fee/Upah dari Menjadi Pilot Drone dalam Industri Real Estate

Hitungan pembayaran untuk seorang Pilot Drone yang menggunakan Drone untuk pemetaan pemasaran real estate ini, biasanya dihitung per jam atau per paket. Tarif per jamnya cukup bervariasi, mulai dari $25 per jam hingga $200 atau bisa juga lebih dari itu.

Biasanya penetapan biaya upah untuk pemula di awal memang tidak terlalu besar, apalagi jika Anda membuka usaha Pilot Drone sendiri. Namun lama kelamaan jumlah tarifnya akan naik seiring dengan bertambahnya jumlah konsumen Anda. Apalagi jika orang-orang sudah mulai membutuhkan jasa Anda, maka itulah saat yang tepat untuk mulai menaikkan tarif dasar yang Anda tentukan di awal. Harga atau tarif yang Anda berikan pada para konsumen, akan bergantung pada lokasi serta keahlian yang Anda miliki.

Jenis Misi Drone Untuk Pemetaan dalam Pemasaran Real Estate

Ada beberapa misi drone untuk pemetaan di bidang real estate yang bisa menjadi pilihan Anda, diantaranya yaitu :

  1. Rumah, pengembangan rumah, contohnya perumahan real estate.
  2. Mall, pusat-pusat perbelanjaan, komplek bisnis tertentu contohnya real estate khusus untuk kebutuhan komersial.
  3. Hotel, kolam renang, dan fasilitas lainnya yang berhubungan dengan resor lapangan golf.
  4. Perkebunan besar yang mencakup tanah peternakan atau lahan pertanian.

Pada intinya, pekerjaan menjadi Pilot Drone untuk pemetaan ini menjadi pekerjaan yang cukup menguntungkan. Apalagi jika Anda sudah memiliki konsumen yang cukup banyak. Selain itu, keahlian dalam bidang edit foto dan video hasil tangkapan drone tersebut akan menjadi kunci bagi jasa pengambilan gambar drone untuk perumahan atau real estate.