Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Apakah Anda sedang mencari simulator penerbangan untuk Drone? Atau Anda hanya ingin tahu saja bagaimana simulator Drone ini bekerja, yang nantinya akan membantu menerbangkan Drone dengan mudah dan tepat? Maka Anda sudah menemukan jawabannya karena pada inilah panduan lengkap mengenai simulator dari drone untuk para pemula.

Alasan utama seseorang menggunakan simulator adalah untuk meningkatkan kemampuan terbang dari Drone itu sendiri, sebelum mampu berinvestasi pada jenis Drone yang harganya jauh lebih mahal. Beberapa tipe Drone yang terkenal di pasaran harganya bisa mencapai ratusan hingga ribuan dollar, tetapi jika Anda membeli Drone dengan harga mahal dan penggunaannya belum tepat maka Anda hanya akan menabrakkan Drone tersebut saja. Dan hal itu akan menjadi hal yang sangat disayangkan.

Apa yang Dimaksud dengan Simulator Drone?

Simulator penerbangan pada Drone ini merupakan program software yang sengaja dibangun, dengan tujuan untuk mensimulasikan pengalaman pengguna dalam menerbangkan Drone dengan memakai pengontrol Drone yang nyata, dan langsung terhubung ke perangkat yang sifatnya lebih kompatibel yang Anda pilih.

Kebanyakan dari simulator Drone ini bisa beroperasi dengan baik melalui Mac atau PC. Anda harus melihat bagaimana spesifikasi simulator tersebut sebelum Anda membelinya, supaya Anda bisa memastikan apakah simulator itu berfungsi di perangkat yang Anda miliki.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Bagian-Bagian Drone dan Fungsinya

Beberapa simulator penerbangan Drone ini akan membantu Anda dalam menyesuaikan dengan skenario penerbangan tertentu. Supaya Anda bisa bersiap dengan situasi yang tepat yang bisa Anda hadapi ketika Anda bekerja menjadi seorang pilot Drone. Kustomisasi ini meliputi beberapa pilihan yang mengubah lingkungan simulasi Drone, dan mengubah jenisnya yang biasa dipakai untuk simulator pada Drone tersebut.

Penting untuk diketahui bahwa ada beragam jenis simulator yang akan membantu Anda dalam mempelajari beragam penerbangan yang ada. Simulator pada Drone ini dibagi menjadi dua macam yaitu, simulator untuk mempelajari cara terbangkan Drone dengan cara yang komersial dan jenis simulator yang bisa mempelajari cara menerbangkan Drone FPV yang biasa dipakai pada balap Drone.

Seluruh jenis simulator tersebut bisa digunakan oleh orang-orang yang memang tertarik untuk menerbangkan Drone, dengan tujuan bersenang-senang. Misalnya oleh seorang pilot Drone untuk rekreasi.

Berapa Biaya Drone Flight Simulator?

Harga simulator penerbangan untuk Drone ini cukup beragam, range harganya yaitu 5$ - 250$. Harganya bisa disesuaikan dengan jenis atau tipe Drone yang Anda inginkan dan tipe simulator Drone yang Anda butuhkan.

Baca Juga : 5 Drone Ini Direkomendasikan Untuk Pemula

Jika Anda tidak ingin benar-benar terjun ke dalam investasi/bisnis simulator untuk Drone, maka Anda tak perlu berinvestasi dengan tipe Drone yang harganya mahal. Namun bila Anda memang mempelajari cara terbang dengan skenario yang lebih spesifik di dalam operasi Drone yang sifatnya komersial, maka Anda akan menghabiskan lebih banyak jenis simulator yang sudah profesional dan cocok untuk investasi bisnis Anda.

Simulator Drone Penerbangan Terbaik di Pasar untuk tahun 2020

Anda bisa memilih tipe-tipe simulator yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. Selain itu, pilih tipe Drone yang sudah ternama dan diketahui bagaimana kualitasnya tetapi tetap disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki dalam membeli simulator tersebut. Berikut ini beberapa jenis simulator untuk Drone yang paling baik di pasaran :

  1. DJI Drone Simulator
  2. Hotprops FPV Drone Flight Simulator
  3. Zephyr Drone Simulator
  4. DRL SIM 3.0 Drone Racing Simulator
  5. Drone SimPro Drone Flight Simulator
  6. Quadcopter FX Simulator
  7. Phoenix R/C Pro Flight Simulator
  8. Realflight RF 9 Drone Simulator

Itulah informasi perihal simulator drone, biaya, dan rekomendasi simulator untuk drone terbaik yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi Anda para pemula dalam dunia drone ya!