Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Selain menjadi idola baru bagi pegiat fotografi, drone juga sudah mulai digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan. Banyak sekali pekerjaan dari drone yang telah diterapkan dan tentu tidak hanya berkutat pada urusan fotografi saja.

Pada dasarnya, drone adalah pesawat mini tanpa awak yang bisa terbang seperti helikopter. Hanya saja, cara penerbangannya yang berbeda, yaitu dimana drone ini dikendalikan menggunakan remote control.

Selain itu, ukurannya tentu lebih kecil dari helikopter yang sesungguhnya. Drone mungkin terlihat layaknya mainan anak-anak. Tapi, jangan salah! Walaupun terlihat remeh dan seperti mainan, ternyata drone ini memiliki fungsi yang sangat besar bagi berbagai bidang kehidupan dan ada banyak sekali jenis pekerjaan dari drone yang bisa dilakukan oleh manusia.

Aneka Jenis Pekerjaan dari Drone

Sudah banyak orang dari profesi yang berbeda telah memanfaatkan kegunaan pesawat dengan empat baling-baling ini. Fungsi utamanya untuk memotret, ternyata bukan satu-satunya yang bisa dimanfaatkan. Drone memiliki fungsi lain yang bisa membantu meringankan pekerjaan pada bidang tertentu. Beberapa pekerjaan dari drone yang sudah mulai umum dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Keperluan Dokumentasi dan Filmmaker

Pekerjaan dokumentasi film drone

Drone memiliki fungsi utama untuk memotret, maka dari itu drone sangat berguna untuk memenuhi keperluan dokumentasi baik itu foto maupun video. Keahlian pesawat tanpa awak ini yang mampu membawa kamera dan memotret gambar dari berbagai sudut dimanfaatkan untuk mengambil gambar yang unik dan menarik.

Pengambilan gambar dari udara juga tidak hanya dilakukan untuk memotret pemandangan yang memanjakan mata, berbagai peristiwa penting juga bisa dipotret dan dipantau seperti kecelakaan lalu lintas, kemacetan, bahkan huru-hara dan peristiwa lainnya. Tentu, hal tersebut sangat membantu berbagai bidang pekerjaan seperti jurnalis, hingga otoritas kenegaraan agar cepat menentukan langkah pengambilan tindakan.

Selain itu, para seniman juga memanfaatkan drone dalam proses pembuatan film. Dibandingkan menggunakan helikopter ketika akan mengambil gambar menakjubkan dari udara, yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka penggunaan drone dalam pengambilan gambar ini akan sangat membantu. Sehingga, produksi film tidak memakan biaya yang mahal.

2. Pengiriman Barang

Drone untuk mengirimkan barang? Ya, betul sekali. Sebuah perusahaan e-commerce raksasa seperti Amazon sudah membuktikannya. Penggunaan drone untuk mengirim barang ini bisa mempercepat waktu pengiriman serta terhindar dari kemacetan. Selain itu, penggunaan drone juga bisa menjangkau tempat terpencil yang memiliki akses sulit. Benar-benar teknologi yang membuat hidup lebih mudah bukan?

3. Membantu Pekerjaan Pemetaan Wilayah Luas dan Sulit Dijangkau

Kemampuan drone untuk memotret juga dimanfaatkan untuk melakukan kerja pemetaan. Jangkauan drone terbilang luas, bahkan hingga ke wilayah yang sulit dijangkau sekalipun. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan LIDAR yang biayanya cukup mahal.

Untuk hasil dari pemetaan juga tidak perlu khawatir, karena peta yang dihasilkan bisa menjadi 3 dimensi dan bahkan lebih canggih lagi. Selain pemetaan, drone juga bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan vegetasi di daerah tersebut.

Penggunaan drone untuk pemetaan ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan seperti LSM, Perseroan, pemerintah serta Instansi terkait seperti BPN dan ATR. Teknologi drone memudahkan proses pemetaan dan meringankan biaya yang perlu dikeluarkan.

4. Kebutuhan Dalam Bidang Militer

Pekerjaan drone untuk militer

Pesawat tanpa awak atau drone ini selain bisa dipasang kamera, bisa juga dipasang sensor tertentu yang bisa digunakan untuk pengintaian dan patroli perbatasan. Drone juga bisa membawa roket dan rudal sehingga bisa digunakan untuk menyerang kamp musuh.

Penggunaan drone di bidang ini, tentunya akan mengurangi kerugian sumber daya manusia jika dibandingkan dengan penggunaan pesawat konvensional maupun helikopter. Di dunia militer, teknologi drone memiliki banyak kegunaan, seperti berperan sebagai pesawat mata-mata atau pengintai, pesawat penyerang kamp musuh, pesawat kamikaze, hingga pesawat patroli di perbatasan.

5. Bidang Arkeologi

Drone juga bisa digunakan dalam bidang arkeologi untuk melakukan penelitian situs kuno. Sebelum adanya teknologi drone ini, para arkeolog biasanya menggunakan pesawat, helikopter, maupun balon udara untuk meneliti situs kuno.

Walaupun dengan cara tersebut arkeolog bisa tetap mendapatkan pemandangan secara luas, tetapi hal ini masih belum efektif. Terlebih tidak semua situs kuno ataupun bersejarah berada di daerah yang mudah dijangkau, seperti contohnya berada di tebing terjal atau lubang gua yang dalam.

Dengan mulai berkembangnya teknologi drone yang lebih lincah dan jauh lebih murah, maka para peneliti mulai beralih menggunakan pesawat tanpa awak ini.

Para arkeolog mampu memetakan, mengeksplorasi, dan melindungi situs bersejarah dengan aman dan akurat. Hanya dengan memasang kamera infra-merah, kamera night vision, atau kamera air view super tajam maka situs bersejarah bisa terungkap dengan mudah.

6. Bidang Pertanian dan Agrikultur

Pekerjaan dari drone untuk pertanian

Ternyata, bidang pertanian juga bisa memanfaatkan drone untuk membantu meringankan pekerjaannya. Dengan bantuan drone yang telah dirancang khusus, petani tidak perlu lagi mengawasi lahan pertaniannya setiap waktu.

Pekerjaan dari drone yang satu ini bahkan sudah mulai diterapkan di banyak tempat di berbagai belahan dunia.

Memiliki lahan pertanian yang cukup luas hingga puluhan hektar, membuat petani bisa mengawasi kesehatan tanaman yang dimonitor menggunakan drone agrikultur. Selain itu, drone juga bisa digunakan untuk pemberian pupuk dan pembasmi serangga.

7. Pertolongan dalam Keadaan Darurat

Dalam keadaan darurat seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, maupun keadaan darurat lainnya, pastinya membutuhkan pertolongan dengan cepat. Namun, terkadang ada saja kendala yang menghambat datangnya pertolongan.

Hal ini karena daerah darurat tersebut pastilah berbahaya, baik bagi pihak yang terjebak di lokasi tersebut maupun petugas yang akan memberikan pertolongan.

Di sinilah drone memainkan perannya. Pesawat tanpa awak ini bisa mengawasi area terjadinya bencana dan memberi informasi mengenai rute berbahaya dan yang aman untuk dilewati.

Drone juga bisa digunakan untuk membantu petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan titik api yang sulit dijangkau oleh petugas. Selain itu, drone juga bisa membantu dalam mengantar peralatan medis seperti vaksin, darah, obat-obatan yang dibutuhkan dan peralatan medis lainnya.

8. Mengawasi Habitat Satwa

Selain untuk melakukan pemetaan di suatu wilayah, pekerjaan dari drone lainnya adalah dapat digunakan untuk mengawasi habitat satwa.

Pengamat satwa bisa memanfaatkan drone untuk melihat pola migrasi dan kebiasaan dari satwa tertentu. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengawasi satwa langka dari tangan jahil pemburu liar.

Drone merupakan suatu bukti kemajuan teknologi digital dengan terobosan baru yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

Dengan memanfaatkan teknologi ini sebaik-baiknya, maka banyak sekali kebaikan yang diperoleh dan bisa membantu banyak pihak.

Itulah beberapa pekerjaan dari drone yang bisa membantu berbagai aktivitas manusia. Teknologi canggih ini memang layak untuk dimanfaatkan dan perlu adanya perkembangan lebih lanjut supaya drone bisa semakin bermanfaat bagi berbagai pekerjaan dan kebutuhan manusia.