Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Proses pemotretan di udara akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan Drone. Kini, Drone sudah bukan lagi barang mahal karena sudah banyak orang yang menggunakan Drone untuk kebutuhan pekerjaan. Ada banyak jenis Drone untuk pekerjaan, yang spesifikasi dan fungsinya bisa disesuaikan kembali dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Ketika Anda memilih tipe Drone tertentu maka Anda harus melihat bagaimana fitur dan harga Drone tersebut. Anda bisa memilih tipe Drone sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda miliki saat ini.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pekerjaan dari Drone

Jenis Drone untuk Pekerjaan di Bidangnya Masing-masing

Mari kita lihat cara memilih jenis Drone untuk pekerjaan, yang sesuai dengan bidang pekerjaan itu masing-masing. Mari kita bahas lebih lengkap :

1. Jenis Drone Rekreasi dan Komersial

Jenis Drone rekreasi biasanya hanya digunakan untuk kesukaan penggunanya saja, bisa yang berkaitan dengan hobi atau digunakan khusus untuk keperluan liburan. Sedangkan drone komersial memang jenis Drone yang digunakan untuk keperluan pekerjaan, yang nantinya menghasilkan uang.

Walaupun Drone rekreasi ini biasanya digunakan hanya untuk kesenangan semata, tetapi fungsinya tetap tergantung dari si pengguna dalam menggunakan Drone tersebut. Harga Drone ini biasanya cukup murah, dibanding dengan Drone komersial. Namun, ada pula jenis Drone rekreasi yang harganya cukup mahal, dengan kualitas yang lebih bagus.

Baca Juga : Perbedaan Drone Recreational VS Drone Commercial

Untuk Drone komersial, tipenya tentu berbeda-beda dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh pilot Drone itu sendiri. Misalnya ada jenis Drone untuk pekerjaan yang digunakan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan pemotretan di udara. Contohnya untuk keperluan inspeksi atap di perusahaan asuransi, atau untuk pemasaran real estate.

Biasanya, Drone komersial ini membutuhkan alat tambahan yang akan mendukung proses kerja di dalamnya.

2. Jenis Drone Multirotor dan Fixed Wings

Ada beragam ukuran dan bentuk yang berbeda juga dengan jumlah rotor yang berbeda, pada jenis Drone multirotor. Hexacopter dan octocopter adalah dua jenis Drone multirotor yang juga sering digunakan untuk pekerjaan tertentu.

Hexacopter misalnya, digunakan untuk pekerjaan industri contohnya inspeksi serta pemetaan yang dilakukan dengan melakukan pengumpulan data di udara.
Sedangkan octocopter biasanya digunakan untuk jenis pekerjaan yang berkaitan dengan sinematografi kelas atas yang sudah profesional.

Baca juga : Perbedaan Drone Multirotor VS Drone Fixed Wing

Jenis Drone fixed wings biasanya digunakan untuk jenis pekerjaan yang berkaitan dengan survei sebuah lahan, yang ukurannya cukup besar. Kapasitas Drone serta waktu terbangnya pun lebih panjang dengan muatan yang tinggi. Fixed wings juga sering digunakan untuk keperluan pengiriman. Misalnya pengiriman pasokan medis dan juga kebutuhan atau supply darah ke beberapa daerah yang termasuk ke dalam wilayah terpencil.

3. Jenis Drone untuk Pekerjaan yang Dibuat untuk Aplikasi Secara Khusus

Perbedaan tipe Drone tertentu pada masing-masing pekerjaan, bisa dilihat dari kamera dan sensornya yang secara spesifik terdapat pada Drone itu sendiri. Untuk mendukung proses pekerjaan itu, dibuatlah perangkat lunak khusus untuk Drone tersebut. misalnya peta 3D yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan konstruksi.

Baca Juga : Macam-Macam Tipe Drone yang Wajib Diketahui

Ada banyak tipe Drone tertentu yang memiliki jenis kamera yang bagus, atau sudah dilengkapi dengan kamera termal yang biasanya digunakan dalam pekerjaan pemadam kebakaran. Sama halnyanya dengan jenis pekerjaan di bidang konstruksi, pertanian dan yang lainnya, yang menggunakan tipe atau jenis Drone tertentu.

Pada saat Anda memilih jenis Drone untuk pekerjaan Anda, maka pilih jenis Drone yang sudah sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda miliki saat ini.