Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Hampir mirip dengan cara kerja di bidang transportasi, kegunaan Drone juga bisa menyediakan cara yang lebih cepat dan juga murah untuk memeriksa bagaimana jalannya atau kondisi saluran listrik dan panel surya yang ada di perusahaan energi.

FAA juga membantu mendorong kemajuan di bidang ini untuk memungkinkan para perusahaan energi untuk mulai melakukan penerbangan BVLOS. Biasanya ada larangan pada peraturan di bagian 107 sehingga areanya menjadi lebih besar dan bahkan bisa diperiksa dalam waktu singkat.

Kegunaan Drone untuk Sektor Energi Gas dan Listrik

Kegunaan Drone secara umum pada pekerjaan ini akan tumbuh dengan cepat di sektor energi, karena FAA telah membuka peluang bagi para Pilot Drone untuk melakukan berbagai inspeksi yang akan memberi keringanan bagi perusahaan energi tersebut.

Dalam melakukan pekerjaan seperti Pilot Drone ini diperlukan pengetahuan teknis mengenai apa yang dibutuhkan dalam inspeksi pada saluran listrik, panel surya dan jenis infrastruktur yang berhubungan dengan energi lainnya. Pada umumnya inspeksi ini dilakukan untuk menemukan area yang memerlukan pemeliharaan sehingga masalah bisa dideteksi dan ditangani lebih cepat. Hal ini juga menjadi salah satu kegunaan Drone secara umum.

Drone Terbaik dan Perangkat Lunak yang Disarankan untuk Bekerja dalam Bidang Gas dan Energi

1. Drone

Karena sebuah saluran listrik interferensi magnetik elektrik, tentu Anda ingin menggunakan tipe Drone untuk inspeksi saluran listrik dengan perlindungan ferromagnetik. Tipe Drone DJI Phantom 4 Pro mempunyai perlindungan ferromagnetik yang lebih baik dan bagus. Namun jika Anda ingin yang sedikit lebih maju bisa menggunakan Matrice 200 DJI, yang memang khusus dibuat untuk menahan gangguan magnetik dan bisa membawa kamera ZenMuse Z30 DJI yang dirancang dengan zoom yang kuat serta akurat.

Khususnya untuk menara dan skenario inspeksi yang lainnya yang membutuhkan jarak untuk dipertahankan dari objek yang sedang diperiksa. Itulah kegunaan Drone pada kebutuhkan inspeksi energi ini.

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan untuk inspeksi energi bisa dengan menggunakan Pix4D, Agisoft, dan DroneDeploy dan semuanya merupakan pilihan yang solid dalam memproses serta memetakan data yang dikumpulkan selama inspeksi dilakukan.

Berapa Banyak Uang yang Dapat Saya Hasilkan sebagai Pilot Drone di Industri Energi?

Menurut informasi dari Drone.io ada beberapa Pilot Drone yang melakukan inspeksi energi udara dengan Drone yang harganya 100$ per jam yang statusnya sebagai pekerja lepas. Banyak dari pekerjaan inspeksi energi ini yang dilakukan dari rumah oleh tim pilot yang memang dilatih untuk itu.

Berdasarkan penelitian, orang yang melakukan pekerjaan inspeksi listrik mampu menghasilkan 70.000$ - 10.000$ per tahun atau bisa juga lebih. Jumlah upah tergantung di mana mereka bekerja dan berapa banyak waktu mereka bekerja.

Jenis Misi Pilot Drone Biasanya Terbang dalam Pekerjaan Terkait Energi

Ada banyak kegunaan Drone lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan inspeksi energi ini, berikut ini jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut :

1. Inspeksi Panel Surya

Biasanya menggunakan termografi udara untuk mencari apa saja kerusakan dan cacat pada panel surya.

2. Turbin Angin

Biasanya menggunakan data udara dalam menemukan kerusakan di turbin angin.

3. Saluran Listrik

Biasanya menggunakan data udara untuk menemukan tempat di mana garisnya terputus dan rusak oleh cuaca atau benda lainnya.

4. Jalur Pipa

Biasanya menggunakan data udara dalam menemukan kebocoran/celah di jalur pipa.

Itulah beberapa kegunaan Drone pada pekerjaan yang berhubungan dengan energi gas dan juga listrik. Dari informasi ini dapat diketahui jika drone memiliki kegunaan dan manfaat yang sangat besar termasuk dalam perusahaan energi.