Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Seperti pada banyak bidang yang ada, fungsi Drone untuk foto udara juga dapat mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan di dalam inspeksi pada infrastruktur yang penting di dalam bidang transportasi. Penggunaan Drone dalam sektor transportasi ini juga semakin berkembang pesat.

Penggunaan Drone untuk Foto Udara

Menurut sebuah studi penelitian yang dilakukan di tahun 2018 oleh American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO), terdapat 35 negara yang bekerja dengan Drone pada beberapa kapasitas, dan 20 negara yang sudah memasukkan Drone pada kegiatan reguler di Departemen Transportasi (DOT) mereka, ditambah dengan 15 negara yang masih menjalani penelitian dan pengujian lainnya.

Biasanya, inspeksi kereta api harus dilakukan dengan cara manual dengan inspektur yang berjalan pada trek dan mencatat penyimpangan yang ada. Dengan menggunakan Drone ini maka proses inspeksi bisa menjadi lebih cepat dan menghasilkan data yang lebih akurat.

Dalam melakukan pekerjaan ini Anda harus memahami apa saja yang Anda cari dalam inspeksi seperti ini, yang artinya memastikan kembali Anda memperoleh perlindungan yang cukup dari aset yang diperiksa. Baik pada ikatan kereta api, jalan, atau jembatan sehingga masalah tersebut bisa diidentifikasi dengan memakai data yang Anda kumpulkan tersebut.

Seiring dengan berkembangnya perangkat lunak, kita dapat mengunggah gambar mentah dengan mudah dan meminta perangkat lunak lainnya untuk mengidentifikasi masalah seperti yang pernah ditunjukkan oleh intel Inter Drone di tahun lalu.

Drone Terbaik dan Perangkat Lunak yang Direkomendasikan untuk Bekerja dalam Transportasi

Penggunaan Drone untuk foto udara juga kurang lebih sama dengan penggunaan Drone pada jenis transportasi lainnya. Sebelum menggunakan drone dalam bidang transportasi, inilah rekomendasi drone terbaik dan perangkat lunak yang bisa digunakan:

1. Drone

Ada berbagai jenis Drone yang bisa digunakan untuk inspeksi transportasi yang harganya juga cukup variatif. Dalam spektrum yang rendah tapi alatnya andal, spektrum pada tipe Drone Yuneec H520, DJI Mavic Pro, dan DJI Phantom merupakan pilihan yang paling baik. Ketika harga naik Anda bisa memilih Matrice 200 DJI yang kualitasnya lebih tinggi.

Pilihan tipe lainnya yang lebih canggih yaitu Falcon 8+, tetapi harganya memang cukup mahal mencapai 25.000$ hingga 40.000$ atau bahkan lebih. Harga disesuaikan dengan add-on dan fitur yang ada di dalamnya. Kebutuhan Drone untuk foto udara juga bisa menggunakan tipe Drone tersebut.

2. Perangkat Lunak

Pilihan perangkat lunak untuk kebutuhan transportasi yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu Pix4D, Agisoft, dan DroneDeploy. Perangkat lunak tersebut juga bisa digunakan untuk pemetaan dengan data Drone.

Berapa Banyak Uang yang Dapat Saya Hasilkan sebagai Pilot Drone di Industri Transportasi?

Menurut informasi dari AASHTO upah seorang Pilot Drone bisa mencapai 100$ per jam dalam melakukan sekali inspeksi transportasi. Menurut pernyataan dari AASHTO itu juga inspeksi yang sebelumnya mencapai biaya 4600$ dengan waktu bekerja sekitar 16 jam lamanya, tetapi sekarang hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam saja dengan upah 250$.

Upah dengan angka 100$ merupakan asumsi pada pekerjaan Pilot Drone dan spotter, yang dimana secara hipotesisnya akan menurunkan jumlah upah per jam. Begitupun untuk upah Pilot Drone saat mengambil foto udara. Angkanya juga akan berkisar pada 100$.

Jenis Misi Pilot Drone Biasanya Terbang dalam Pekerjaan Transportasi

1. Railroads

Fungsinya untuk memeriksa ikatan serta rel pada kereta api dalam mengidentifikasi masalah sebelum menjadi lebih buruk lagi.

2. Monorel

Fungsinya untuk memeriksa serta mensurvei beberapa balok penyangga beton, rel dan jenis penyangga lainnya.

3. Jalan

Fungsinya untuk menggunakan data Drone demi mengurangi risiko yang mungkin muncul dari longsor tanah/batu serta banjir.

Itulah informasi seputar kegunaan drone untuk foto udara. Dengan informasi ini dapat kita tahu bahwa drone memiliki berbagai manfaat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya adalah dalam bidang transportasi.