Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Sebagai sebuah teknologi yang sangat multiguna, manfaat penggunaan drone juga tidak dapat dipisahkan dari bidang telekomunikasi. Pemanfaatan fungsi drone untuk pemetaan di bidang telekomunikasi saat ini adalah salah satu yang paling ditekankan di berbagai perusahaan. Pasalnya, adanya drone bisa sangat membantu mempermudah urusan telekomunikasi.

Fungsi Drone untuk Pemetaan Infrastruktur Telekomunikasi

Seorang Pilot Drone juga mengubah cara inspeksi yang dilakukan dalam industri telekomunikasi, caranya dengan melakukan survei menara serta inspeksi dalam waktu yang sangat singkat dalam mengirim seseorang untuk naik ke menara. Sehingga prosesnya lebih mudah dan aman terutama untuk mereka yang terlibat di dalamnya.

Perusahaan AT&T kini telah melakukan fungsi Drone untuk pemetaan untuk menginspeksi menara sel, yang kemudian para perusahaan telekomunikasi mulai melihat ada banyak potensi di dalam industri Drone ini sehingga mereka pun akhirnya membeli Drone Skyward pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga : Fungsi Drone Untuk Pertanian

Kunci dari pekerjaan ini adalah untuk mengetahui apa saja yang dicari pada saat melakukan inspeksi serta survei menara. Hal itu menjadi salah satu fungsi Drone untuk pemetaan dalam bidang telekomunikasi.

Pada umumnya pada saat seorang Pilot Drone melakukan pekerjaan ini maka mereka akan melakukan pencarian lingkungan yang berbahaya misalnya yang disebabkan oleh adanya kerusakan struktural, lebah, burung dan sebagainya, mengidentifikasi daerah yang rusak atau bahkan menyelidiki integritas struktur sebelum mereka memanjat untuk mencari tahu apakah daerah tersebut aman untuk dipanjat atau tidak.

Sama dengan inspeksi pada saluran listrik, menara telekomunikasi ini biasanya memancarkan gangguan magnetik yang bisa menurunkan Drone bila Anda terbang dengan jarak yang terlalu dekat, misalnya dengan jarak lebih dari 100 kaki. Untuk melakukan pekerjaannya, seorang Pilot Drone di bidang telekomunikasi ini harus terampil dan mampu mengambil foto dari jarak jauh.

Drone Terbaik dan Perangkat Lunak yang Direkomendasikan untuk Bekerja di Telekomunikasi

1. Drone

Karena adanya kesamaan antara inspeksi energi dengan inspeksi telekomunikasi, maka rekomendasi tipe Drone yang bisa digunakan di bidang telekomunikasi ini adalah DJI's Phantom 4 Pro. Tipe Drone tersebut memiliki perlindungan ferromagnetik yang baik. Pilihan lainnya yaitu Matrice 200 DJI yang kualitasnya sama-sama baik tetapi harganya memang lebih tinggi. Untuk kamera pada tipe Drone ZenMuse Z30 DJI, dibuat khusus untuk inspeksi menara sel. Tipe Drone berikutnya yang bisa dipilih adalah ZenMuse Z30 yang kompatibel dengan tipe Drone Matrice DJI.

2. Perangkat Lunak

Sama dengan inspeksi energi, maka untuk inspeksi telekomunikasi ini sebaiknya menggunakan Pix4D, Agisoft, dan DroneDeploy. Semua perangkat lunak itu merupakan pilihan terbaik dan solid dalam memproses serta memetakan data yang dikumpulkan selama masa inspeksi.

Baca Juga : Pekerjaan Drone Untuk Pemetaan Perumahan atau Real Estate

Berapa Banyak Uang yang Dapat Saya Hasilkan sebagai Pilot Drone di Industri Telekomunikasi

Fungsi Drone untuk pemetaan yang telah dijelaskan diatas tentu berimbas juga pada upah yang diterima oleh seorang Pilot Drone. Berdasarkan penelitian serta percakapan yang dilakukan langsung dengan Pilot Drone, beberapa pilot tersebut mampu menghasilkan upah sekitar 150$ hingga 300$ per jam untuk melakukan inspeksi menara bagi perusahaan telekomunikasi tersebut.


Pendakian menara tunggal untuk kebutuhan inspeksi bisa diberi upah sekitar 2000$ hingga 5000$ tergantung pada ruang lingkup inspeksinya. Hal ini juga menjadi titik data yang berfungsi untuk diperhatikan apabila layanan inspeksi penetapan harga untuk suatu perusahaan negara.

Jenis Misi Drone Pilot Biasanya Terbang dalam Pekerjaan Telekomunikasi

1. Inspeksi Menara Sel

Pekerjaannya yaitu untuk mencari peralatan yang rusak, menara yang rusak. Atau satwa-satwa liar yang tinggal di menara, misalnya hal yang berisiko pada diri sendiri dan anggota pemeliharaan yang memanjat menara tersebut.

2. Inspeksi Menara Radio

Tujuan pekerjaannya kurang lebih sama dengan inspeksi menara sel. Namun lebih pada proses untuk mengecek kondisi menara radio yang digunakan pada perusahaan komunikasi.

Jelas sudah bahwa fungsi Drone untuk pemetaan di bidang telekomunikasi ini cukup beragam, dan mampu memberikan hasil yang baik untuk klien dan perusahaan.