Melihat Indonesia dari Udara

Seiring perkembangan teknologi, spesifikasi dan bentuk drone profesional juga semakin beragam. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menciptakan drone terbaru dengan teknologi yang sangat mumpuni. Setiap drone hadir dengan keunggulan dan kehebatannya masing-masing. Banyak sekali jenis-jenis drone berkualitas tinggi yang digunakan oleh kalangan profesional. Tentunya harga drone pun sangat kompetitif sesuai dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan.

5 Jenis-jenis Drone Terbaik yang Sering Digunakan Profesional

1. DJI Mavic 2 Pro

DJI Mavic 2 Pro menjadi drone camera terhebat dan terbaru dari DJI. Drone ini menggunakan kamera kelas profesional dari produsen kamera asal Swedia, Hasselblad. Resolusi gambar mencapai 20 MP, sementara resolusi video HDR 4K 10-bit. Untuk waktu penerbangan maksimal adalah 31 menit dengan kecepatan maksimal 45 mph atau 72 kpj.

Mavic 2 Pro terbilang sangat canggih untuk para fotografer profesional, videografer, serta para pembuat konten. Dengan desain portabel, menjadikan drone ini penting untuk mendampingi perjalanan blogger, menyusun dokumenter, maupun bagi pilot drone komersial pada industri apa saja.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pekerjaan dari Drone

2. DJI Inspire 2

DJI Inspire 2 adalah salah satu dari jenis-jenis drone top-of-the-line yang kini telah menjadi favorit di kalangan sinematografer udara karena memiliki kualitas kamera Hollywood. Dengan sensor yang cerdas, desain yang ramping, dan terbuat dari material yang premium menjadikan drone ini sebagai platform yang sangat hebat untuk kebutuhan sinematografi.

DJI Inspire 2 didukung oleh kamera dengan resolusi gambar 20 – 24 MP dan resolusi video Bitrate H.264 / H.265 100 Mbps, FPS 5.2 K / 30, FPS 4K/ 60, FPS 6K / 30. Mampu terbang dengan kecepatan maksimal 58 mph atau 94 kpl. Sementara maksimal waktu penerbangan adalah 23 – 27 menit.

Drone ini dengan unggul dengan berbagai atribut penting seperti gimbal kamera yang bisa dipertukarkan, mode penerbangan cerdas, streaming langsung, dan kamera FPV, Cinema DNG, serta Apple ProRes. Dengan sensor kamera yang canggih, menjadikannya ideal bagi siapa saja yang ingin membuat bidikan sinematik dengan hasil sempurna.

3. DJI Phantom 4 RTK

Versi lain dari drone DJI ini juga tidak kalah canggih untuk kelas profesional. DJI Phantom 4 RTK dirancang dengan modul RTK untuk pemetaan udara real-time. Dengan dukungan fitur sensor CMOS 1-inch 20 MP, menjadikannya komponen penting untuk memotret data gambar dengan kualitas tinggi.

Sementara itu, kamera bisa menangkap video dengan resolusi H.264 4K pada 60 fps atau pun H.265 4K pada 30 fps. Kecepatan maksimal drone adalah 32 mph atau 50 kpj dengan durasi waktu terbang maksimal 30 menit.

DJI Phantom 4 RTK juga hadir dengan fitur unik berupa pengendali jarak jauh yang dilengkapi dengan layar bawaan dan dimuat pada aplikasi DJI GS RTK baru. Hal ini memungkinkan drone bisa dikendalikan menggunakan mode penerbangan cerdas yang ideal untuk pemetaan udara.

Baca Juga : Wajib Tahu Checklist Sebelum Menerbangkan Drone

4. Freefly Alta 8

Drone Freefly Alta 8 merupakan salah satu dari jenis-jenis drone octo-rotor yang dirancang untuk kebutuhan sinematografi udara. Drone octo-rotor ini sangat ajaib karena bisa membawa muatan hingga 20 pon di bagian atas maupun bawah drone. Teknik penerbangan drone ini juga tidak rumit karena menggunakan SYNAPSE Flight Controller yang terkemuka dari industri Freefly.

Pembacaan dari barometer, accelerometer, dan GPS sangat canggih sehingga memungkinkan operator lebih fokus untuk mendapatkan bidikan gambar yang menakjubkan. Freefly Alta 8 semakin canggih dengan adanya fitur utama berupa opsi pemasangan kamera ganda, kompartemen tahan cuaca, wifi yang diinstal.

Ada pula aplikasi seluler Alta 8 yang memberi informasi penting berupa tingkat getaran, jumlah satelit, dan mode penerbangan. Selain itu, drone ini juga dilengkapi dengan atribut yang terkemuka seperti batasan kecepatan vertikal dari tanah, penahan tinggi, penentuan posisi yang tepat, serta pemasangan kamera MoVi-Home yang dijual terpisah.

5. DJI Agras MG-1

DJI Agras MG-1 merupakan octocopter yang dirancang untuk penyemprotan pupuk pertanian atau pestisida. Dengan sistem propulsi yang kuat, membuat drone ini 40 – 60 kali lebih cepat dibandingkan penyemprotan secara manual. Penyemprotan dikendalikan oleh sistem penyemprotan yang cerdas.

Pesawat tahan air dan debu ini siap menangani pekerjaan apa pun. Badan pesawat mampu menahan muatan 10 kg atau 2,6 galon dan dapat menyemprotkan 7 – 8 hektar per jam. Waktu terbang maksimal adalah 24 menit dengan maksimal kecepatan 22 m/s atau 49 mph.

Baca Juga : Perbedaan Teknik Pengambilan Gambar Drone Pemula dan Profesional

Itu dia jenis-jenis drone terbaik yang banyak digunakan oleh kalangan profesional. Terbukti bahwa perkembangan teknologi drone semakin pesat. Bahkan, bukan hanya untuk kebutuhan fotografi saja, melainkan sudah merambah bidang lain seperti pertanian. Selain itu, masih banyak bidang lain yang bisa dipermudah dengan teknologi canggih dari drone.