Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Keberhasilan adaptasi fitur dan spesifikasi yang andal bukanlah satu-satunya indikator suatu drone FPV terbaik memiliki kredibilitas yang bagus. Melainkan juga harus sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya. Sebelum memutuskan untuk membeli drone, umumnya akan ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan oleh pengguna. Misalnya saja apakah drone tersebut mampu terbang dalam waktu yang lama? Apakah drone itu cocok untuk digunakan oleh seorang pemula? Bagaimana kualitas dan spesifikasi dari drone itu? Sesuaikah harganya dengan kantong Kita? Dan berbagai pertimbangan penting lainnya.

Pada dasarnya, faktor harga memang menjadi hal penting yang tidak bisa dikesampingkan. Terlebih drone bukanlah gadget yang umum untuk dibeli oleh banyak orang. Karenanya, Anda wajib memastikan berbagai hal sebelum akhirnya menentukan untuk membeli satu drone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak melulu harus mahal, karena memang saat ini sudah banyak tersedia drone murah yang memiliki spesifikasi mumpuni.

Baca Juga : Daftar Drone FPV Murah dan Terbaik

Pengelompokan Jenis Drone FPV Terbaik

Drone-drone yang beredar dipasaran dikelompokkan ke dalam 3 jenis. Yakni jenis drone berdasarkan kebutuhan konsumennya, jenis drone berdasarkan kemampuan aerial, dan jenis drone berdasarkan fungsinya. Informasi lebih detail mengenai hal tersebut akan Kami paparkan pada ulasan berikut ini.

1. Jenis Drone Berdasarkan Kebutuhan Konsumen

Dibawah ini adalah beberapa jenis drone FPV terbaik yang ada dalam kelompok drone sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

  • Mini drone. Sama seperti namanya, jenis drone yang satu ini memiliki ukuran yang mini, alias kecil. Jenis ini memiliki nama lain yang lebih populer, yakni quadcopter.
  • Professional drone. Dibandingkan dengan jenis sebelumnya, Professional drone biasanya dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal. Mengingat semua fitur, fungsi, dan cara pengoperasiannya yang ditujukan untuk kalangan profesional yang ingin menjadikan hasil rekamannya menjadi komersil.
  • Hobby drone. Karena ditujukan untuk mereka yang ‘hanya’ menyukai kegiatan menerbangkan drone, dan bukan menjadikannya sebagai profesi tetap, jenis hobby drone ini memiliki kualitas kamera standar dan berukuran sedang. Salah satu alasan mengapa jenis hobby drone banyak digandrungi oleh orang-orang adalah karena fitur-fiturnya yang mudah sehingga memudahkan penggunanya dalam hal pengoperasiannya.
  • Drone racing. Lebih populer di kalangan orang yang sudah cukup lama menggunakan drone. Drone racing juga didukung oleh mesin motor yang tangguh hingga memungkinkannya untuk terbang dengan kecepatan tinggi.
  • Selfie drone. Jenis yang satu ini sangatlah mudah untuk dibawa kemana saja karena bentuk dan ukurannya yang ringkas. Tidak heran jika selfie drone banyak dijadikan sebagai alternatif yang akan dipilih sebagai perangkat penangkap momen atau perekam video, baik itu di dalam ataupun luar ruangan.

2. Jenis Drone Berdasarkan Kemampuan Aerial

Apabila didasarkan pada kemampuan terbangnya (Aerial), pengguna dapat memilih beberapa jenis drone dengan fungsi yang berbeda, seperti:

  • Single-rotor. Drone yang mampu terbang lebih tinggi di udara ini lebih dikenal sebagai helicopter remote control. Meskipun dalam satu posisi tanpa berputar sekalipun, jumlah daya listrik yang dikeluarkan tidaklah boros. Single-rotor sendiri beroperasi untuk menerbangkan drone, sedangkan rotor berukuran lebih kecil yang terpasang di dekat ekor akan mengendalikan kemana arah drone terbang.
  • Multi-rotor. Jenis ini banyak menjadi pilihan untuk kebutuhan aerial photography dan surveillance. Pasalnya, multi-rotor mampu bertahan di satu tempat dalam waktu yang cukup lama dengan posisi yang stabil.
  • Fixed-wing. Bisa dibilang, fixed-wing memiliki desain yang mirip dengan pesawat terbang. Fixed-wing ini tidak bisa tinggal di suatu tempat untuk waktu lama, namun bisa meluncur pada jalur yang sudah ditentukan.

3. Jenis Drone Berdasarkan Fungsinya

Jika didasarkan pada fungsinya, drone dibagi menjadi 7, yaitu:

  • Quadcopter. Masuk ke dalam drone mainan yang banyak digunakan oleh para pemula yang ingin belajar menerbangkan drone.
  • Drone GPS. Ialah perangkat drone yang arah terbangnya terhubung pada satelit melalui fitur GPS.
  • Drone RTF. Dipasarkan dalam bentuk siap terbang atau tanpa rakitan.
  • Drone helikopter. Pesawat tanpa awak yang menggunakan single-rotor untuk bisa bertahan lama di udara.
  • Drone fotografi. Jenis drone ini dipasangi dengan kamera di bagian bodinya, tujuannya adalah untuk merekam atau memotret objek.
  • Delivery drone. Mulai populer untuk digunakan sebagai media pengiriman barang pada area-area yang sulit untuk dijangkau.
  • Trick drone. Meskipun jenis drone ini dapat bergerak cepat, serta memiliki manuver yang cukup andal, trick drone biasanya hanya dipakai sebagai ‘mainan’ yang berukuran kecil.

Rekomendasi Drone FPV Terbaik

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi untuk drone FPV terbaik yang bisa Anda pilih.

Baca Juga : Rekomendasi Terbaik Drone FPV Untuk Pemula Lengkap

1. DJI Phantom Mavic Pro

DJI Phantom Mavic Pro lebih mengedepankan potabilitas dari desain lipat pada dronenya. Hal tersebutlah yang membuat drone ini sangat nyaman untuk dibawa berpergian. Selain itu, DJI Phantom Mavic Pro dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi, yakni 12,7 MP. Tak ayal jika kemudian DJI Phantom Mavic Pro digadang-gadang sebagai salah satu drone FPV terbaik berukuran mini di kelasnya.

Selain itu, drone seharga 13 jutaan ini mampu merekam video berkualitas 4K dengan 30 fps dan klip Full HD hingga 90 fps. Untuk urusan durasi terbang, pihak DJI mengklaim jika rata-rata drone buatannya ini mampu mencapai 24 menit untuk mengudara. Namun jika baterai drone dalam kondisi penuh, produknya ini bisa terbang hingga 75 menit lamanya.

2. Xiaomi Mi Drone

Mi Drone merupakan produk besutan Xiaomi yang dirilis dengan berbagai fungsi yang cukup bisa diandalkan. Sebut saja untuk resolusi kameranya yang menjangkau angka 1080p, fitur yang user-friendly dan nyaman untuk digerakkan. Juga kendali yang sederhana untuk menerbangkan Mi Drone sesuai dengan kebutuhan.

Pengguna dapat menerbangkan, melakukan pendaratan, hingga membuat rute drone yang bisa ditempuh secara akurat dengan durasi hingga 27 menit. Untuk harganya, Xiaomi menawarkan produk Mi Drone dalam kisaran 7,3 jutaan.

3. MJX Bugs 2W

Jika Anda adalah seorang pemula yang tertarik untuk mencoba dan belajar cara menerbangkan drone dengan baik, maka MJX Bugs 2W adalah perangkat pesawat tanpa awak yang paling cocok untuk digunakan. Tanpa mengesampingkan kemampuannya menjangkau jarak transmisi sejauh 800 hingga 1.000 meter, pengguna akan dimanjakan dengan hasil rekaman video yang beresolusi 1080p dengan frame rate mencapai 30 fps.

Drone yang dihargai 2 jutaan ini juga didukung oleh baterai berkapasitas 1.800 mAh yang bisa bertahan di udara hingga 18 menit. Ditambah lagi, drone FPV terbaik besutan MJX yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur Return to Home dan GPS.

4. Syma X5C-1

Masuk ke dalam jajaran drone terbaik untuk kategori Quadcopter, Syma X5C-1 sudah dipasangi dengan kamera HD 720P. Dengan mengadopsi stabilisasi dari 4 channel dengan memadukan 6 gyro axis, Syma X5C-1 memiliki gerakan yang cukup stabil di udara.

Drone berdaya 500 mAh yang mampu terbang selama 7 menit ini membutuhkan waktu 1,5 jam untuk bisa terisi secara penuh. Nah, guna meningkatkan pengalaman sekaligus mendukung kebutuhan dari para pengguna pemula, drone yang dibanderol dengan harga Rp 550.000an ini juga dilengkapi dengan propeller guard.

5. Hubsan X4 H502E

Rekomendasi drone FPV terbaik berikutnya datang dari Hubsan X4 H502E. Drone quadcopter dengan dukungan daya baterai 610 mAh yang mampu merekam video HD 720p selama 12 menit.

Hubsan X4 H502E seharga 2 jutaan ini mengusung fitur 6 axis gyro dengan sistem navigasi GPS sebagai salah satu fitur andalannya. Nah, fitur tersebut dapat membuat drone bergerak dengan lebih stabil dan akurat. Tidak hanya itu, drone ini juga bisa kembali ke koordinat awal yang sebelumnya sudah ditentukan sebagai home point. Akan tetapi, Anda perlu melakukan kalibrasi terlebih dulu agar drone ini dapat membaca koordinat dengan tepat.

6. JJR/C H55

Dengan dukungan penuh dari fitur FPV pada perangkat smartphone, drone JJR/C H55 mengusung fungsi kamera HD dengan resolusi 720p. Juga drone ini memiliki dukungan konektivitas yang akan membuat JJR/C H55 bisa terhubung dalam konektivitas WiFi 5 GHz. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya dua frekuensi yang bertabrakan. Sehingga pengoperasian dan pengendalian drone pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

Jenis baterai yang digunakan dalam pesawat tanpa awak ini adalah lithium-polymer yang berkapasitas 610 mAh. Dengan kapasitas tersebut, drone dapat mengudara secara leluasa selama 9 menit. Untuk bisa mengakomodasikan kebutuhan itu, penggunanya perlu melakukan pengisian baterai selama 120 menit. Adapun untuk harga dari drone FPV terbaik JJR/C H55 ini berada di kisaran Rp 900.000an.

7. Parrot Bebop

Parrot Bebop menjadi salah satu drone murah dengan kualitas kamera bagus yang dapat dikendalikan dalam layar smartphone. Dilengkapi dengan fitur fisheye yang akan membuat penggunanya dapat merekam gambar atau video dengan cakupan area yang lebih luas, Parrot Bebop dikabarkan memiliki kamera dengan resolusi 14 MP. Rekaman video yang dihasilkan nantinya akan memiliki kualitas 1080p dengan frame rate 30 fps. Nah, kisaran harga dari drone berdesain ringkas nan minimalis ini adalah 6,5 jutaan.

8. Syma X5HW-I RC Quadcopter

Jika Anda sedang mencari drone berkualitas dengan kamera HD yang harganya terjangkau, maka Syma X5HW-I RC Quadcopter bisa menjadi jawabannya. Melalui fitur kamera 2 MP, drone ini dapat menghasilkan output gambar HD dengan kualitas 720p.

Adanya fitur FPV real time dan Altitude Hold, akan memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat hasil foto dan video yang diambil secara langsung lewat smartphone. Drone dengan jarak kendali maksimal 50 meter ini mampu terbang selama 6 hingga 7 menit. Dalam seri ini, Syma membanderol dronenya dengan harga 1 jutaan saja.

Baca Juga : Macam-Macam Tipe Drone yang Wajib Diketahui

9. DJI Spark

Drone FPV terbaik kali ini kembali datang datang perusahaan drone ternama dalam skala global, DJI. Seri DJI Spark yang dikeluarkannya memiliki ukuran yang sangat kecil untuk sebuah drone. Dan bahkan drone ini bisa disimpan di dalam saku, karena memang ukurannya yang sangat mini. Walau begitu, DJI Spark sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi 12 MP dengan kualitas 1080p dan frame rate 30 fps. Drone yang sangat cocok untuk digunakan sebagai perangkat selfie ini dihargai dengan harga 6,7 jutaan.

Anda dapat mempertimbangkan drone terbaik mana dan dari merek populer apa yang sesuai dengan keunggulan fungsi masing-masing, kebutuhan, juga preferensi Anda sendiri. Kini, sudah tersedia berbagai pilihan drone murah dengan kualitas jempolan, baik itu untuk kebutuhan pemula ataupun profesional, yang bisa Anda dapatkan di Indonesia.