Melihat Indonesia dari Udara

Remote control dan transmitter drone adalah dua komponen drone yang memiliki fungsi sangat penting. Komponen inilah yang menjadi kunci bagaimana sebuah drone bisa terbang di udara. Remote control digerakkan dari jarak jauh sesuai kehendak pilot.

Remote yang digerakkan oleh pilot akan memancarkan sinyal kepada drone yang sedang melayang di udara. Sinyal inilah yang dikirim oleh transmitter drone kepada receiver yang melekat pada drone.

Setelah sinyal diterima, receiver akan menjalankan tugas untuk menerjemahkan sinyal yang ditangkap. Kemudian, drone akan bergerak atau melakukan pekerjaan sesuai gerakan remote yang dilakukan oleh pilot.

Berbagai Macam Fitur Remote Control dan Transmitter Drone

Remote control dan transmitter drone memiliki fitur yang beragam. Fitur-fitur ini tersedia dalam bentuk tombol atau stik yang melekat pada remote control. Pergerakan stik dan berbagai tombol ini memiliki fungsi masing-masing yang akan menentukan proses penerbangan drone di udara. Berikut adalah beberapa fitur drone yang paling utama:

1. Stik Kanan

Stik yang terletak di sebelah kanan memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk mengontrol gerakan pitch dan roll. Artinya, stik kanan inilah yang digunakan oleh pilot untuk melakukan gerakan drone berputar atau mengguling ke sisi kanan atau kiri, serta gerakan drone maju dan mundur. Dorong stik kanan ke arah kanan atau kiri untuk menggerakkan drone ke kanan atau kiri (roll). Dorong stik ke depan atau belakang untuk menggerakkan drone ke depan atau belakang.

2. Stik Kiri

Sama halnya dengan stik kanan, stik pada sebelah kiri juga berfungsi untuk mengontrol beberapa gerakan drone. Stik kiri digunakan untuk mengontrol gerakan yaw dan throttle. Dengan kata lain, stik kiri inilah yang mengatur bagaimana perputaran quadcopter di udara, apakah searah atau berlawanan dengan jarum jam.


Caranya adalah dengan menggerakkan stik kiri ke arah kanan atau kiri. Selain itu, stik kiri juga yang berfungsi untuk mengatur ketinggian drone saat melayang di udara. Throttle down digunakan untuk mengarahkan drone ke bawah, sementara throttle up untuk mengarahkan drone ke atas.

Baca Juga :

Prinsip Kerja Quadcopter Drone Secara Lengkap

Penjelasan Lengkap Bagian-Bagian Drone dan Fungsinya

3. Tombol Trim

Trim bertugas untuk mengatur keseimbangan dan kestabilan quadcopter saat melayang di udara. Ketidakseimbangan drone biasanya terjadi pada saat awal penerbangan atau pertama kali menerbangkan drone ke udara.
Tombol trim akan membantu penyesuaian yaw, roll, pitch, dan throttle saat semuanya berada pada kondisi yang tidak seimbang satu sama lain. Trim hanya digunakan saat drone berada pada orientasi terbang yang kurang stabil.

4. Tombol Auto Take Off dan Landing

Drone bisa diterbangkan atau mendarat secara otomatis dengan adanya tombol take off dan landing pada remote control. Cukup dengan menekan sebuah tombol pada remote control, maka quadcopter akan otomatis terbang.

Begitu pun sebaliknya, menekan satu kali lagi pada tombol tersebut, maka drone akan mendarat secara otomatis pada lokasi awal penerbangan. Tentunya, ini adalah hal yang sangat memudahkan proses penerbangan drone, bahkan bagi para pilot pemula sekalipun.

5. Tombol Return to Home (RTH)

Tombol ini merupakan fitur keamanan yang memungkinkan drone kembali ke posisi take off seperti semula. Namun, fitur ini cukup berbeda dengan auto landing. Pengaktifan fitur RTH akan menggerakkan drone untuk segera kembali pada posisi take off sejauh apapun drone ini terbang selama masih terjangkau oleh remote control.

Fitur ini memungkinkan para pilot tidak perlu merasa khawatir atau panik saat mengalami kehilangan penglihatan drone saat masih mengudara. Pemilik drone hanya perlu untuk mengklik tombol Return to Home ini, maka secara otomatis drone akan kembali pada posisi semula dimana pilot menerbangkannya. Namun, harus dilakukan kalibrasi GPS terlebih dahulu agar drone mengenali arah dan lokasi.

Nah, itu dia 5 fitur dari remote control dan transmitter drone yang sangat penting. Selain kelima fitur tersebut, masih banyak fitur lain yang tidak kalah bermanfaat dan wajib dipelajari oleh para pilot drone. Mengenali fitur-fitur drone sangat penting agar bisa menerbangkan drone dengan aman dan maksimal.