Melihat Indonesia dari Udara

Salah satu fungsi dari drone yang sangat berguna bagi para pekerja di bidang bangunan adalah untuk melakukan survey. Pada dasarnya, penggunaan drone untuk survey dapat membantu untuk menghemat biaya untuk melakukan survey, karena drone bisa melihat berbagai aspek yang ada dalam pekerjaan konstruksi atau pertambangan dengan mudah, cepat, dan efisien sehingga bisa lebih irit biaya.

Fungsi Drone untuk Survey Konstruksi atau Pertambangan

Dengan menggunakan Drone untuk survey ini, maka beberapa perusahaan konstruksi dan pertambangan bisa mensurvey area yang ukurannya bahkan sangat luas, dapat memproses suatu data dengan menggunakan perangkat lunak tertentu, serta memahami dengan baik dimana saja materi atau pekerjaan mereka yang mungkin saja tidak terdeteksi.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pekerjaan dari Drone

Tanpa menggunakan jasa Pilot Drone untuk survey ini, maka pencarian informasi harus dilakukan dengan cara manual oleh para surveyor dan personel lainnya. Cara pencarian informasi ini yaitu dengan berjalan pada semua situs, yang tentunya memakan banyak waktu tetapi hasilnya belum tentu akurat.

Sedangkan Drone mampu menangkap data yang sama dengan cara yang dilakukan oleh surveyor secara manual, hanya dalam waktu 15 menit saja sehingga tidak akan memakan waktu. Bahkan seorang Pilot Drone tak harus memasuki area yang berbahaya dalam mengumpulkan informasi.

Perlengkapan yang Direkomendasikan Sebelum Melakukan Survey Lokasi Konstruksi atau Pertambangan

1. Drone

Mungkin Anda akan memerlukan jenis Drone yang bahannya lebih keras untuk mengerjakan pekerjaan konstruksi/pertambangan ini. Drone dengan seri Yuneec H520 atau Matrice DJI merupakan pilihan yang cocok untuk Anda. Namun bila anggaran tidak mencukupi maka Anda bisa memilih Drone DJI yang harganya lebih terjangkau seperti seri Phantom atau Mavic.

2. Perangkat Lunak

Dalam menggunakan Drone untuk pekerjaan konstruksi ini tentu Anda juga membutuhkan perangkat lunak yang tepat, dalam memproses data mentah menjadi hasil jadi untuk klien. Aplikasi DroneDeploy bisa menjadi pilihan Anda untuk mengubah gambar udara menjadi peta 3D, ortomosa dan jenis output yang lainnya. Pilihan aplikasi lainnya yaitu Pix4D yang memiliki beragam pilihan dalam pembuatan skenario pemetaan yang berbeda-beda.

Penghasilan yang Dapat Diperoleh sebagai Pilot Drone di Konstruksi atau Lokasi Pertambangan

Pertanyaan selanjutnya mengenai pekerjaan Pilot Drone untuk survey ini adalah berapa upah yang diterima dari pekerjaan konstruksi/pertambangan tersebut. Banyak Pilot Drone yang memulai pekerjaannya dengan upah 50$ per jam untuk pekerjaan tersebut. Dan bagi mereka yang sudah ahli, upah per jamnya bisa mencapai 250-500$. Ada pula Pilot Drone yang memperoleh 50.000-70.000$ per tahun.

Jenis Misi Pilot Drone Dalam Pekerjaan yang Terkait dengan Konstruksi/Penambangan

Ada beberapa jenis bidang pekerjaan yang membutuhkan jasa Pilot Drone untuk proyek khususnya di bidang konstruksi/pertambangan, diantaranya yaitu :

  1. Inspeksi situs bumi pra-bangunan, perkiraan titik drainase, serta faktor lainnya yang menentukan tempat terbaik dalam membangun, menggali, atau bahkan menimbun bahan.
  2. Pengukuran stok tanah, tanah liat, pasir, dan bahan lainnya.
  3. Proses pemantauan yang menggunakan foto, video serta peta dalam menunjukkan hal yang tepat mengenai seberapa besar perkembangan yang sudah dibuat dalam sebuah situs.
  4. Pemantauan keamanan yang menggunakan tangkapan video atau foto dalam memastikan tindakan pencegahan keamanan apa saja yang benar dan tersedia di seluruh situs yang ada.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pekerjaan Pilot Drone yang berhubungan langsung dengan bidang pekerjaan konstruksi/pertambangan. Pada dasarnya drone untuk survey memang sangat membantu para pekerja konstruksi dan pertambangan agar pekerjaan mereka menjadi semakin efisien dan cepat.