Melihat Indonesia dari Udara

Sebagai sebuah media mengambil gambar dalam bentuk foto dan video yang praktis dan efisien, drone memang memiliki segudang fungsi yang sangat multiguna. Salah satu fungsi drone yang layak untuk digunakan secara umum adalah untuk keamanan. Popularitas drone untuk menjaga keamanan memang mulai meluas.

Menurut penelitian studi dari Bard's Centre for the Study for the Drone, ada sekitar 1500 lebih agen keselamatan publik yang menggunakan Drone sampai Maret 2020. Jumlah tersebut bahkan lebih dari 2 kali lipatnya dari yang pernah ditemukan di pertengahan tahun 2018, dengan perkiraan jumlahnya akan terus bertambah.

Baca Juga : Fungsi Drone Untuk Survey Pekerjaan Konstruksi atau Pertambangan

Penggunaan Drone untuk Keamanan Masyarakat

Di Departemen Pemadam Kebakaran pun, banyak petugasnya yang menggunakan Drone sebagai media yang sangat membantu dan bermanfaat selama kebakaran terjadi. Mereka pun menggunakan Drone saat membuat peta orthomosaic, untuk melihat pemetaan lokasi yang terkena kebakaran. Sehingga mereka dapat memahami titik keluar mana saja yang bisa digunakan apabila ada kebakaran.

Baca Juga : Pekerjaan Drone Untuk Pemetaan Perumahan atau Real Estate

Para penegak hukum juga sudah menggunakan Drone dengan cara yang sama, yaitu saat membuat peta bangunan yang bisa diperdagangkan dan bisa digunakan untuk membantu mengevakuasi banyak orang saat terjadi keadaan darurat. Kepolisian atau Pemadam Kebakaran juga menggunakan Drone saat terjadi bencana banjir, badai hebat, angin topan dan yang lainnya untuk menemukan para korban yang memerlukan bantuan. Fungsi Drone lainnya di saat urgent seperti itu adalah untuk melihat seberapa besar kerusakan yang terjadi dan mengarahkan sumber daya untuk wilayah yang memerlukan bantuan.

Drone Keselamatan Publik Terbaik dan Perangkat Lunak yang Direkomendasikan

1. Drone

Menurut informasi dari Studi Bard, banyak agen keselamatan yang tidak menggunakan jenis Drone komersial untuk tugas-tugas yang berat seperti misalnya tipe Drone Yuneec H520 atau Matrice 200 milik DJI. Namun mereka menggunakan tipe Drone yang jauh lebih murah harganya, seperti Phantom 4, atau bahkan the Mavic Air. Ada pula Kepolisian yang mengaku menggunakan tipe Drone Phantom 4 dalam setiap operasi yang mereka jalankan.

2. Perangkat Lunak

Dalam membuat peta orthomosaic pada kecelakaan lalu lintas misalnya, atau lokasi yang menjadi subjek evakuasi darurat bisa dengan menggunakan aplikasi DroneDeploy. Saat Anda terbang ke situs untuk mengambil gambar, Anda bisa langsung mengunggahnya lalu perangkat lunak tersebut akan membuat peta yang Anda inginkan. Pilihan lainnya yang bisa digunakan yaitu Pix4D untuk skenario pemetaan yang berbeda, dan Agisoft untuk pemetaan Drone yang paling banyak digunakan.

Berapa Banyak Uang yang Dapat Saya Hasilkan sebagai Pilot Drone di Keselamatan Publik?

Fungsi Drone dalam keamanan ini bukan hanya dapat menyelamatkan masyarakat, tetapi juga memberi keuntungan pada Anda sebagai Pilot Drone. Hampir seluruh pekerjaan Drone yang berkaitan dengan lembaga publik ini dilakukan di rumah. Artinya jumlah upah yang diperoleh bisa sama dengan gaji Pemadam Kebakaran dan Petugas Polisi. Walaupun jumlah upahnya bervariasi dan tergantung lokasi di mana Anda berada.

Misalnya Pemadam Kebakaran akan menghasilkan upah rata-rata tidak lebih dari $50.000 per tahun, sedangkan Petugas Polisi rata-rata sedikit lebih banyak dari $60.000 per tahun. Apabila Anda bertugas dengan mengembangkan program Drone untuk bidang keamanan publik ini, maka Anda bisa melakukan negosiasi untuk meminta upah yang jauh lebih tinggi sesuai dengan keahlian Anda.

Jenis Misi Pilot Drone Biasanya Terbang dalam Pekerjaan Keselamatan Publik

  1. Pemetaan TKP
  2. Pencarian dan Penyelamatan
  3. Manajemen lalu lintas serta rekonstruksi kecelakaan
  4. Kesadaran situasional waktu yang nyata dalam menangani bom serta bahan-bahan yang berbahaya.
  5. Evakuasi kerusakan sesudah bencana
  6. Pengiriman darurat
  7. Perencanaan sebelum pemadaman kebakaran
  8. Membuat materi pelatihan

Itulah beberapa fungsi Drone secara utuh dalam bidang keamanan dan keselamatan publik yang bisa dilakukan oleh para pekerja jasa Pilot Drone. Dengan informasi ini kita bisa mengetahui bahwa drone bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan strategis dan bersifat urgent, sehingga memang tidak mengherankan jika media ini sangat multiguna dan bisa sangat membantu manusia dalam bekerja.