Melihat Indonesia dari Udara

Salah satu cara yang tepat untuk menemukan pekerjaan lepas sebagai Pilot Drone, adalah dengan bergabung secara langsung dengan jaringan atau komunitas Pilot yang ada. Bergabung dengan jaringan atau komunitas ini bisa menjadi cara yang baik bagi Anda yang ingin membangun portofolio dan keahlian Anda dalam dunia drone.

Selain melakukan pemotretan secara gratis misalnya untuk teman atau orang-orang terdekat demi mendapatkan contoh untuk para klien yang potensial, sebenarnya Anda juga bisa dibayar untuk melakukan sekali pemotretan tersebut. Jenis pekerjaan ini juga bisa dilakukan untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman dengan menjadi seorang peneliti di wilayah udara, dan juga menumbuhkan rasa profesionalisme di suatu pekerjaan tertentu.

Rekomendasi Komunitas untuk Pilot Drone yang Bisa Dicoba

Berikut ini rekomendasi jaringan/komunitas untuk menjadi seorang Pilot Drone yang baik :

1. DroneBase

DroneBase merupakan jaringan yang mempekerjakan pilot di suatu pekerjaan tertentu, yang juga membayar hasil gambar udara dan video yang bisa dijadikan stok di kemudian hari. Di sini Anda akan mempelajari bagaimana cara menemukan pekerjaan sebagai Pilot Drone, yang dimana para calon klien akan mengunjungi bagian uji coba yang ada di situs website mereka.

2. Measure

Perusahaan lainnya yang menghubungkan para Pilot dengan pekerjaan yang berkaitan dengan Drone di AS ini disebut dengan Measure. Hingga saat ini mereka mencari para Pilot yang memiliki sertifikat untuk melakukan pekerjaan seperti pemetaan serta pencitraan udara di berbagai industri yang ada. Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara menemukan pekerjaan sebagai Pilot di Measure ini, di bagian command yang ada di situs web mereka.

3. Droners.io

Merupakan salah satu jaringan khusus untuk mereka yang ingin menjadi seorang Pilot Drone komersial, yang memungkinkan para pilot untuk dapat menawar proyek serta mengambil keuntungan komisi sebanyak 10% dari jumlah pembayaran. Jika berminat Anda bisa mendaftar langsung di web Droners.io untuk mengajukan sebuah tawaran pekerjaan sebagai pilot tersebut.

4. DroneHive

DroneHive adalah salah satu jaringan nasional yang memiliki para pilot yang sudah profesional, yang jumlahnya lebih dari 1000 konsultan. Apabila Anda tertarik untuk menjadi salah satu tim dari DroneHive maka Anda bisa mendaftar jaringan direktori yang lebih panjang, dari tempat Anda berburu pekerjaan Drone tersebut.

Syarat Menjadi Seorang Pilot pada Pekerjaan Drone

Jika dilihat dari segi bisnis, Drone sudah mulai banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Pekerjaan yang berkaitan dengan penggunaan Drone ini beragam, mulai dari melakukan pemetaan jalan, mengantar paket dan manusia, mencari orang hilang di tempat terpencil atau lokasi bencana, membuat seni UAV atau membuat hiasan di langit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, sebelum menjadi seorang Pilot untuk Drone ini Anda harus memenuhi persyaratan tertentu terlebih dahulu, agar Anda bisa menjadi seorang Pilot yang aman dan bermanfaat. Yang pertama, Anda harus memiliki keterampilan, kualifikasi, serta pendidikan paling dasar dalam mencapai tujuan keamanan. Namun syarat untuk menjadi seorang Pilot untuk Drone di berbagai negara itu berbeda-beda.

Baca Juga : Peraturan dan Regulasi Drone Indonesia

Di Indonesia ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Pilot untuk Drone, diantaranya yaitu usia minimal 17 tahun, WNI, mampu membaca dan juga menulis dengan baik, berbicara bahasa Inggris dan memahaminya dengan baik, sehat baik jasmani maupun rohani, dan menguasai penerbangan setidaknya yang  berkaitan dengan menerbangkan Drone.

Itulah beberapa rekomendasi komunitas drone bagi Anda yang ingin menjadi seorang Pilot Drone. Sebaiknya Anda memenuhi beberapa kriteria tersebut agar bisa menjadi Pilot untuk Drone yang aman dan juga bermanfaat. Selamat mencoba!