Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Drone FPV murah kini banyak dipilih oleh pemula untuk digunakan dalam sesi latihannya. Disamping harganya yang mudah untuk dijangkau, spesifikasi dari drone-drone tersebut cukup mumpuni untuk dijadikan sebagai alat perekam udara. Lalu, apa saja sih rekomendasi drone FPV murah yang affordable sekaligus memiliki kualitas yang cukup? Tertarik untuk mengetahui lebih jauh?

Baca Juga : Rekomendasi Terbaik Drone FPV Untuk Pemula Lengkap

Daftar Drone FPV Murah

Di bawah ini merupakan beberapa daftar dari drone FPV dengan harga murah yang diambil dari beberapa rekomendasi teratas di internet. Let’s check this out!

1. Syma X5HW

Drone yang dipasarkan dengan harga murah diklaim sangat cocok untuk dipakai oleh para pemula yang tertarik untuk belajar fotografi dengan mengandalkan media drone. Salah satu drone murah berkualitas yang banyak dipilih adalah Syma X5HW yang dijajakan secara bebas dengan harga Rp 550.000. Meskipun harganya relatif terjangkau, drone ini sudah dibekali dengan fitur Altitude Hold yang akan berguna untuk menjaga batas ketinggian dari drone itu sendiri.

Drone ini juga didukung oleh fitur FPV, sehingga memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan gambar tangkapan drone secara langsung pada layar ponsel yang digunakan. Untuk kameranya, Syma X5HW menggunakan kamera beresolusi 2 MP. Adapun untuk durasi terbang yang mampu dilakukan oleh jenis drone ini adalah 8 hingga 10 menit.

2. Visuo Battle Shark XS809S

Visuo Battle Shark XS809S merupakan drone FPV murah gawean China yang tak kalah populer di kalangan penerbang drone di Indonesia. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh drone seharga Rp 725.000 ini adalah kapasitas baterainya yang cukup besar, yakni 1.800 mAh. Dengan besaran kapasitas yang dimilikinya itu, Visuo Battle Shark XS809S ini bisa terbang selama 20 menit dengan jarak tempuh hingga 50 meter.

Sedangkan untuk kemampuannya dalam mengisi penuh baterai yang ada diestimasikan berada di kisaran 90 hingga 120 menit. Selain itu, drone ini juga digawani dengan kamera HD beresolusi 2 MP yang dijamin akan mampu menampilkan gambar yang lebih tajam.

Baca Juga : Macam-Macam Tipe Drone yang Wajib Diketahui

3. Drone Xiaomi Mitu

Hingga saat Xiaomi berhasil meluncurkan beberapa varian drone yang laris dipasaran. Salah satunya adalah Xiaomi Mitu Drone. Seri Mitu diklaim memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan varian drone Xiaomi sebelumnya. Harga untuk seri ini adalah Rp 849.000 saja.

Dengan harga tersebut, Anda akan memperoleh produk drone dengan kelebihan fitur FPV, hasil rekaman video berkualitas HD 720p, memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 50 meter, dan dapat dioperasikan menggunakan smartphone kesayangan Anda. Biar murah, kegunaan dan fungsi harus tetap kompleks kan!

4. Drone JXD 509G

Selanjutnya ada drone JXD 509G. Sebagai salah satu drone terbaik yang pernah ada, JXD membekali produknya dengan remote kontrol, lengkap dengan layar LCDnya. Nantinya, layar tersebut yang akan menampilkan hasil dari pengambilan rekaman yang dilakukan oleh drone beresolusi 2 MP ini.

Kabarnya, JXD 509G mampu terbang selama 6 sampai 8 menit, serta bisa dikontrol secara bebas hingga jarak 100 meter. Guna meningkatkan kestabilan yang dimiliki drone saat diterbangkan, JXD menambahkan 6 Axis Gyro pada seri ini. Apabila Anda tertarik untuk menjajal drone satu ini, jangan lupa untuk siapkan kocek sebesar Rp 1.250.000 ya!

5. Drone Syma X8G-1

Lagi-lagi, seri drone FPV murah datang dari perusahaan kawakan Syma yang meluncurkan seri Syma X8G-1. Dalam produknya ini, Syma menggawani beberapa fitur unggulan ala drone profesional. Sebut saja kamera beresolusi 8 MP lengkap dengan berbagai fiturnya, yang biasanya hanya tersedia pada drone seharga Rp 5.000.000an. Tapi melalui seri ini, pelanggannya hanya perlu membayarkan Rp 1.295.000 saja loh! Selain resolusi kamera, drone ini memiliki ketahanan terbang yang cukup baik dengan waktu terbang yang relatif lama, yakni 10 sampai 12 menit dalam sekali mengudara.

Baca Juga : 7 Drone Terbaik Untuk Videografi Udara

6. Drone DJI Tello

Walaupun memiliki ukuran yang cukup kecil, drone DJI Tello memiliki kinerja yang powerfull, baik untuk merekam sebuah video ataupun pengambilan foto dari udara. Pasalnya, DJI Tello ini memiliki kamera beresolusi 5 MP yang dapat merekam gambar dan video dalam kualitas HD. Tak ayal jika kemudian DJI Tello disebut-sebut sebagai drone FPV murah dan terbaik.

Ditambah lagi, adanya fitur take off dan landing yang akan memungkinkan penggunanya untuk dapat menerbangkan drone secara langsung dari telapak tangannya. Mengenai baterai, DJI Tello bisa bertahan hingga 13 menit lamanya. Saat ini, DJI Tello memiliki harga termurah Rp 1.375.000.

7. Drone Brica B-PRO5 SE Sky Explorer

Dilanjutkan dengan drone Brica B-PRO5 SE Sky Explorer. Drone dengan kamera 8 MP yang dapat menghasilkan rekaman video full HD berkat sensor kamera pabrikan Sony yang terpasang pada bodinya.

Untuk penunjang aktifitasnya, drone ini dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 970 mAh serta Wi-Fi Dual Band. Sedangkan untuk jarak terbangnya, drone ini dikabarkan mampu menjangkau jarak maksimal 100 meter. Jika Anda memutuskan untuk membeli drone dengan budget di bawah 1,5 juta, maka drone Brica B-PRO5 SE Sky Explorer ini bisa menjadi rekomendasi valid yang cocok bagi penerbang pemula seperti Anda. kabarnya, harga terendah dari drone Brica B-PRO5 SE Sky Explorer yang ada di pasar Indonesia hanya Rp 1.399.000 saja.

8. Drone JJRC H8D FPV

Drone JJRC H8D FPV juga masuk ke dalam salah satu daftar drone FPV murah terbaik yang ada di pasar Indonesia. Perangkat drone yang mampu terbang hingga 8 menit lamanya ini memiliki fitur yang memungkinkannya untuk bisa dikontrol dari jarak 150 meter. Sebagai alat pendukungnya, drone JJRC H8D FPV dilengkapi dengan layar LCD sebesar 4,3 inci serta remote control.

Hanya dibanderol dengan harga Rp 1.799.000 saja, dan Anda akan memperoleh drone beresolusi 2 MP HD dengan kualitas video hingga 720p. Mengingat kameranya yang langsung terpasang pada bodi drone, pengguna dapat mengatur view angle dari drone sesaat sebelum pesawat tanpa awak ini lepas landas di udara.

Baca Juga : Tips Memilih Drone Bekas yang Masih Bagus

9. Drone Brica Invra 5 Hybrid

Harga resmi dari drone Brica Invra 5 Hybrid adalah Rp 1.999.000. Dengan nominal yang terbilang murah, drone ini menawarkan keunggulan dengan kemampuannya yang bisa merekam vodeo beresolusi 4k melalui kamera beresolusi 16 MP yang terpasang di bodinya. Agar performanya makin optimal, drone ini gawani baterai berkapasitas 2.900 mAh yang mampu terbang hingga 15 menit lamanya.

10. Drone MJX Bugs 3 Pro

Drone FPV murah dan terbaik lainnya datang dari drone MJX Bugs 3 Pro. Yang mana, drone seharga Rp 2.300.000 ini memiliki beragam fitur menarik seperti halnya One Key Return, Low Power Return, GPS, Out of Control Return, Follow Me, dan juga Altitude Mode. Uniknya lagi, drone MJX Bugs 3 Pro ini memiliki kemampuan terbang selama 15 menit dengan jarak maksimal sampai 600 meter, sekaligus mampu melakukan perekaman video Full HD yang tajam dan jelas.

11. Eachine E31

Berlanjut pada daftar berikutnya, muncul produk buatan Eachine yang diberi nama Eachine E31. Secara umum, produk drone ini memiliki desain yang eksklusif dan elegan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa mereka lebih memilih untuk menempatkan kameranya menyatu pada bodi drone daripada membiarkannya terpasang secara terpisah. Drone berukuran 27 x 27 x 7 cm ini juga memasang motor brushed yang lebih kuat pada awaknya.

Eachine diketahui memasangkan kamera 2 MP dengan resolusi 720p pada seri E311. Pengisian daya pada baterai drone ini juga bisa dilakukan dengan cepat. Hanya perlu waktu 60 menit dan baterai drone akan terisi secara penuh.

Beberapa spesifikasi andalan yang dikeluarkan Eachine pada seri E31nya ini adalah jarak terbang maksimal sejauh 70 meter, kapasitas baterai sebesar 400 mAh yang bisa terbang selama 7 menit, juga berat drone yang diperkirakan mencapai 250 gram. Selain itu, Eachine juga menggawani produknya dengan beberapa fitur dasar yang sangat penting seperti halnya FPV camera, Altitude Hold, 360 Rolling, dan One Key To Return.

Karena masuk ke dalam kategori salah satu drone FPV murah dan terbaik, tentunya harganya sangatlah ramah dengan kantong para pemula. Seri ini hanya dibanderol dengan harga Rp 450.000 saja loh! Bahkan tidak mencapai setengah juta! Nah, sebagai tambahan catatan, bila Anda tertarik untuk membeli dan memilliki drone Eachine E31, Anda harus memesannya pada pasar online luar negeri, karena memang produk ini belum banyak dijual di Indonesia. Dalam estimasi pengirimannya, produk drone ini akan sampai ke rumah pemesannya dalam waktu 20 hari sejak hari pemesanan dilakukan.

Baca Juga : Rekomendasi Drone Murah untuk Pemula

12. Hubsan X4 Camera

Daftar drone FPV murah yang terakhir adalah Hubsan X4 Camera. Produk garapan Hubsan ini memiliki kualitas kamera yang cukup baik dengan desain mini nan futuristik yang sangat menarik untuk dilirik.

Dikarenakan kualitas kamera yang mumpuni, Hubsan X4 Camera mampu menghasilkan gambar dan video yang lebih tajam dengan kontras warna yang bagus, persis seperti drone profesional. Apalagi dengan adanya altitude hold, gambar yang diperoleh akan lebih stabil, video yang direkam pun tidak akan goyang dikarenakan hembusan angin. Sayangnya, perangkat FPV dari drone ini dijual secara terpisah di pasaran. Sehingga harga penambahannya pun menjadi cukup besar.

Beralih pada spesifikasi lainnya, Hubsan X4 Camera yang berbobot 585 gram, memiliki ukuran 11 x 8x 3,5 cm dan baterai berkapasitas 530 mAh 3,7 Volt. Dengan spesifikasi tersebut, Hubsan X4 Camera dapat terbang selama 7 menit dengan jangkauan jarak 50 meter. Terkait dengan pengisian dayanya, baterai drone Hubsan X4 Camera akan penuh dalam 40 menit pengisian. Harga dari drone berspesifikasi 720p HD Camera ini adalah Rp 710.000.

Beberapa drone mungkin hanya dipasarkan pada pasar online luar negeri. Entah karena keterbatasan produk yang dipasarkan, ataupun minat global yang sangat besar sehingga membuatnya sulit untuk diperoleh di Indonesia. Dari semua daftar drone FPV murah di atas, manakah kira-kira yang menjadi favorit Anda?