Melihat Indonesia dari Udara

Apa yang menyebabkan harga dari masing-masing tipe Drone berbeda, ada yang harganya mahal dan ada juga yang harganya murah? Misalnya Scott Mini Drone harganya $30 sedangkan Intel Falcon harganya jarang dicantumkan karena terbilang sangat mahal. Biasanya harga Drone Scott Mini Drone ini mulai dari $25.000 hingga $35.000.

Alasan dari perbedaan harga tersebut adalah, karena kegunaan dari masing-masing Drone ini berbeda-beda. Misalnya ada Drone yang digunakan untuk penerbangan biasa, tapi ada juga Drone yang digunakan untuk penerbangan kelas atas yang sudah profesional.

Kini, banyak Drone yang digunakan untuk segala jenis pekerjaan seperti misalnya memeriksa saluran listrik, membuat peta 3D dari lokasi konstruksi, atau menemukan orang yang hilang/tersesat di hutan. Ada pula tipe Drone yang memang dirancang khusus untuk inspeksi di dalam ruangan saja, yang memungkinkan Drone tersebut terbang terus menerus hingga bertabrakan.

Alasan Mengapa Anda Membeli Drone

Pertanyaan mendasar sebelum seseorang membeli Drone adalah, tipe Drone apa dan yang bagaimana yang harus dibeli. Namun, pertanyaannya adalah apa yang akan Anda lakukan dengan Drone tersebut? Jika Anda tahu Drone itu akan digunakan untuk apa, maka hal itu akan memudahkan memilih harga Drone dan tipe Drone apa yang akan dibeli.

Berikut ini beberapa cara dalam menentukan pembelian Drone, yang disesuaikan dengan harga dan kebutuhan Anda :

1. Menerbangkan Drone untuk Bersenang-senang Saja

Jika Anda hanya ingin membeli Drone untuk bersenang-senang atau sekadar hiburan saja, maka Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli Drone ini. Contohnya tipe Drone yang harganya murah dan untuk bermain saja, range harganya yaitu $ 30- $ 150.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan simulator penerbangan Drone untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam menerbangkan Drone tersebut.

Jika Anda termasuk pilot Drone menengah, yang juga ingin menerbangkan Drone untuk tujuan hiburan saja maka Anda bisa memilih Drone yang kisaran harganya $ 500 - $ 2.000. Drone dengan harga itu bisa digunakan untuk bersenang-senang seperti foto atau videografi, atau untuk pekerjaan Anda sebagai pilot Drone.

Baca Juga : Forum-Forum Pilot Drone Terbaik

Lain halnya jika Anda lebih suka balapan FVP, maka Anda bisa membeli Drone yang khusus untuk balap. Misalnya tipe Drone yang harganya $ 150.

2. Menerbangkan Drone untuk Pekerjaan

Ketika Anda memutuskan untuk membeli tipe Drone yang akan digunakan untuk kebutuhan pekerjaan, maka Anda harus mempertimbangkan tipe platform apa yang harus dibeli.

Baca Juga : Mengenal Jenis Pekerjaan dari Drone

Pertanyaannya adalah, apakah Anda memang sudah terampil dalam menerbangkan Drone? Jika masih dalam tahap belajar, maka Anda bisa memulainya dengan pilihan tipe Drone yang harganya murah dengan kisaran harga $ 300- $ 500, seperti seri DJI Phantom atau Parrot's Bebop 2.
Namun, jika Anda sudah terampil atau profesional dalam menerbangkan Drone dalam urusan pekerjaan, maka Drone dengan harga $ 1000 bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Anda juga bisa memilih tipe Drone yang sesuai dengan jenis pekerjaan Anda sebagai pilot Drone. Misalnya jika Anda bekerja di bidang pertanian, maka Elios 2 dari Flyability bisa menjadi pilihan tepat yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

Baca Juga : Fungsi Drone Untuk Pertanian

Biasanya, untuk pilot Drone yang sudah profesional akan memilih tipe Drone yang harganya sekitar 1.000 - $ 2.000.

Dalam memilih tipe dan harga Drone ini, ada baiknya Anda menyesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda. Baik Drone yang digunakan hanya untuk bersenang-senang saja, atau tipe Drone yang memang digunakan untuk kebutuhan pekerjaan.