Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Ketika Anda menerbangkan Drone maka bagian kontrolnya akan lebih mudah dijinakkan. Anda juga akan lebih terbiasa untuk bertindak, dan bagaimana cara berinteraksi untuk menerbangkan Drone bersama, dan hal itu menjadi pengalaman terbang bagi Anda.

Dengan menggunakan kontrol tersebut dan semakin keras Anda mendorong bagian tongkatnya, maka Drone akan semakin kuat bergerak ke arah mana saja. Cara memasang baling-baling Drone ini akan mudah jika Anda tahu bagaimana cara yang tepatnya.

Ketika pertama kali menerbangkan, maka Anda bisa mendorong bagian tongkatnya secara perlahan sampai Drone mulai mengalami perubahan atau pergerakan. Anda juga bisa membuat gerakan yang lebih tajam pada Drone, supaya lebih nyaman.

Ada empat bagian yang terdapat pada baling-baling Drone ini, yang diantaranya yaitu :

  1. Roll
  2. Pitch
  3. Yaw
  4. Throttle

Baca Juga : Kenali 7 Bagian Penting Pada Drone

Penjelasan Bagian Baling-Baling Drone

1. Roll

Gulungan pada Drone ini berfungsi untuk menggerakkan Drone baik ke kiri maupun ke kanan. Caranya yaitu dengan melakukan dorongan pada bagian tongkat kanan, ke pemancar kiri/kanan.

Bagian ini memang disebut dengan roll karena fungsinya memang benar-benar untuk menggulung Drone. Contohnya pada saat Anda mendorong tongkat kanan ke arah kanan, maka secara tidak langsung Drone akan miring ke bawah dan ke kanan secara diagonal.

Kemudian bagian bawah baling-balingnya akan menghadap ke arah kiri, dengan mendorong udara ke arah kiri sehingga Drone pun akan terbang ke arah kanan. Hal yang sama akan terjadi pada saat Anda mendorongnya ke bagian kiri, kecuali jika baling-baling mendorong udara ke arah kanan maka helikopter akan terpaksa terbang ke arah kiri.

2. Pitch

Bagian pitch ini digunakan dengan mendorong tongkat kanan ke bagian pemancar maju/mundur. Hasilnya yaitu Drone akan miring dan menghasilkan gerakan yang maju dan juga mundur.

3. Yaw

Pemutaran pada Drone bisa searah bisa juga berlawanan arah, caranya yaitu dengan mendorong tongkat ke bagian kiri atau kanan. Biasanya pemakaian Yaw ini bersamaan pemakaian throttle pada saat Drone diterbangkan.
Hal itu juga akan memungkinkan Pilot Drone mampu membuat lingkaran dan juga pola. Atau memungkinkan para videografer serta fotografer dalam mengikuti objek yang mungkin saja arahnya berubah.

4. Throttle

Throttle ini akan memberikan baling-baling pada Drone dengan kekuatan yang cukup, ketika sedang mengudara. Throttle juga akan terus menyala pada saat Drone sedang terbang.

Ketika Anda akan mengaktifkan throttle ini maka dorong tongkat kiri ke depan, lalu tarik ke belakang untuk melepaskannya. Jangan melepaskan sepenuhnya hingga beberapa inci dari tanah. Karena hal itu bisa membuat Drone rusak dan pelatihan menjadi lebih singkat.

Pada saat Drone menghadap ke arah Anda, maka aktifkan seluruh kontrol pada Drone.

Cara Memasang Baling-Baling Drone

Berikut ini petunjuk pada cara memasang baling-baling Drone dengan mudah :

1. Roll

Akan mendorong tongkat ke kanan jika Anda menggerakkan Drone ke arah kanan.

2. Pitch

Akan mendorong tongkat ke kanan dan ke depan jika Anda menggerakkan Drone ke arah depan juga. Dan jika menekan tongkat bagian kanan ke belakang maka Drone akan bergerak ke belakang.

Maka perhatikan petunjuk itu pada saat Anda sudah mulai mengubah arah. Lebih baik pikirkan bagaimana Drone bergerak, daripada bagaimana helikopter berorientasi ke arah Anda.

Itulah cara baling-baling Drone bekerja, sehingga Drone akan terbang dengan seimbang dan tidak gagal terbang.