Melihat Indonesia dari Udara

Menerbangkan Drone adalah mengkalibrasi kompas yang ada pada Drone setiap kali Anda menerbangkan Drone. Mengkalibrasi Drone ini sangat penting dilakukan, sama pentingnya dengan membawa Drone ke tempat/lokasi yang baru untuk menerbangkannya. Cara kalibrasi Drone yang tepat ini cukup mudah, selama Anda tahu dan paham langkah-langkahnya.

Kalibrasi Drone merupakan sesuatu yang dilakukan untuk memastikan instrumen/sensor yang dipakai ke dalam pengukuran, nantinya akan memperoleh hasil yang akurat. Sehingga Anda harus melakukan cara mengkalibrasi Drone ini dengan cara yang tepat, sehingga penerbangan bisa dilakukan dengan aman.

Baca Juga : Wajib Tahu Checklist Sebelum Menerbangkan Drone

Kalibrasi Drone Adalah

Proses pengaturan pada Drone atau memperbaiki kesalahan yang nantinya bisa menyebabkan pengukuran sensor yang ada pada Drone menjadi tidak akurat, adalah pengertian kalibrasi Drone secara umum.

Mengkalibrasi Drone diperlukan untuk menyesuaikan, memeriksa, dan menentukan perbandingan memakai model standar serta untuk membuat koreksi dengan hasil yang akurat. Ada banyak sensor pada Drone yang fungsinya adalah untuk menjaga efisiensi penerbangan.

Maka pastikan dahulu apakah sensor ini memang memiliki pengukuran yang hasilnya akurat untuk bisa terbang dengan aman. Sensor ini bisa diperoleh dari penuaan, getaran, benturan serta melayang pada respon mereka dari waktu ke waktu, yang nantinya akan muncul perubahan nilai yang asli atau kesalahan penerbangan.

Di sinilah tugas dari kalibrasi Drone tersebut, untuk menghilangkan kesalahan yang terjadi sehinggga Drone bisa terhindar dari kecelakaan atau kerusakan.

Baca Juga : Tips Mencegah Kecelakaan Drone Jatuh Saat Belajar

Kapan Harus Melakukan Kalibrasi

Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi ini, berikut ini waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi pada Drone :

  1. Ketika Anda merasa pesawat tidak terbang dengan baik atau tak bereaksi pada sentuhan seperti seharusnya. Kalibrasi kompas pada Drone ini barulah bisa dilakukan.
  2. Bila terbang ke lokasi yang baru dan jauh dari tempat yang biasa Anda kunjungi, maka kompas juga harus dikalibrasi terlebih dahulu.
  3. Bila mengalami ketinggian yang turun pada saat Drone sedang diterbangkan, Anda bisa mencoba kalibrasi IMU supaya barometer bisa diatur ulang dan fungsinya kembali normal.
  4. Apabila Drone sudah terlihat tidak stabil atau menjadi melayang ke satu arah saja. Maka Anda juga harus mengakalibrasi Drone tersebut.

Baca Juga : Teknik dalam Belajar Drone Untuk Pemula

Cara Kalibrasi Drone pada Drone Tipe DJI

Cara yang tepat untuk mengkalibrasi Drone dengan tipe DJI bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Pertama-tama pilih dahulu tempat/lokasi yang terbuka untuk tempat yang tepat dalam mengkalibrasi Drone.
  2. Sebelum Anda memulai kalibrasi kompas maka Anda bisa melepaskan baling-balingnya terlebih dahulu.
  3. Nyalakan Drone lalu klik Bar Status Pesawat yang terdapat pada aplikasi DJI kemudian pilih Kalibrasi.
  4. Nanti akan muncul pesan Pop Up yang akan meminta Anda untuk menekan Mulai, untuk memulai proses kalibrasi tersebut.
  5. Setelah itu, akan muncul juga Pop Up yang nantinya menunjukkan pada Anda cara memegang Drone untuk melakukan proses kalibrasi itu.
  6. Pegang pesawat Anda secara horizontal kemudian putar searah 360o. Setelah itu tampilan dari lampu kuning solidnya akan berubah menjadi lampu hijau yang pekat, yang diubah oleh indikator status Drone tersebut.
  7. Kemudian pegang lagi pesawat dengan posisi vertikal yang dimana arah hidung akan mengarah ke bawah.
  8. Putar kembali ke arah 360o yang ada di sekitar sumbu tengah, maka lampu indikator yang warnanya hijau tadi juga akan berubah apabila proses kalibrasi sudah berhasil dilakukan.

Itulah tata cara kalibrasi Drone yang baik dan benar yang bisa Anda terapkan pada Drone tipe DJI.