Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Drone sudah menjadi suatu kebutuhan bagi hampir banyak orang, tak heran jika jumlah penggunanya juga semakin bertambah. Tapi tahukah Anda bagaimana jika Drone dibawa ke luar negeri? Baik untuk urusan pekerjaan maupun untuk kebutuhan liburan/hiburan semata. Sebelum Anda benar-benar bawa Drone ke luar negeri, tentu ada beberapa peraturan hukum drone yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.

Membawa Drone ke luar kota atau bahkan ke luar negeri memang bukan hal yang asing lagi. Karena Drone memang dibutuhkan untuk segala jenis kegiatan/aktivitas tertentu. Drone digunakan untuk mengambil gambar/video, sehingga bisa dibawa ke mana saja.

Terutama jika Anda berlibur ke tempat wisata alam yang rasanya sayang dilewatkan jika tidak mengambil foto pemandangannya. Jika Anda terbiasa membawa Drone ke luar kota atau luar negeri untuk kebutuhan pekerjaan/berlibur, sebaiknya gunakan tipe Drone DJI Mavic pro atau Air karena bobotnya lebih ringan sehingga tidak akan menyulitkan selama di perjalanan.

Tips dan Trik Bawa Drone ke Luar Negeri yang Aman dan Nyaman

Berikut ini beberapa tips dan trik yang tepat ketika bawa Drone ke luar negeri, yang aman dan nyaman :

1. Jangan Menaruh Drone di Bagasi

Poin utama dalam membawa Drone ke suatu tempat yang jaraknya cukup jauh adalah jangan menyimpan atau menaruh Drone di bagasi. Misalnya Anda menaiki pesawat, maka sebaiknya tidak menaruh/menyimpan Drone tersebut di bagasi. Tapi sebaiknya Anda menyimpannya di tas khusus atau tas jinjing.

Karena Drone dibuat dari baterai lithium yang rawan terbakar, apalagi jika disimpan di bagasi dan baterai mengalami panas berlebih atau overheat. Hal ini dilakukan untuk keselamatan diri sendiri dan penumpang yang lainnya.

2. Kosongkan Dahulu Baterai Drone

Sebaiknya Anda mengosongkan dahulu baterai Drone sebelum pergi karena kapasitas baterai ini cukup besar. Baterai akan terlihat seperti cairan ketika tas Anda dipindai oleh petugas bandara. Maka gunakan Drone sebelum pergi sampai baterainya habis.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Drone yang Baik dan Benar

3. Menggunakan Pelindung Baterai

Anda juga harus menggunakan pelindung khusus baterai Drone, yang fungsinya adalah untuk mencegah/meredam api hingga meluas atau menjalar ke mana-mana apabila terjadi kebakaran pada Drone tersebut.

4. Hindari Tempat-tempat yang Dilarang untuk Menerbangkan Drone

Ada beberapa negara yang memiliki aturan khusus tidak boleh ada penggunaan Drone, seperti misalnya AS, Jepang, Afrika Salatan, Singapura, Kamboja, Swedia, Arab, Nikaragua, dan sebagainya. Negara tersebut memiliki regulasi yang ketat soal penggunaan Drone tersebut karena takut disalahgunakan.

Baca Juga : Peraturan dan Regulasi Drone Indonesia

Maka ketika Anda berada di beberapa negara itu sebaiknya tidak membawa atau menggunakan Drone, karena Anda bisa terkait masalah hukum. Namun, jika Anda berada di negara yang membolehkan penggunaan Drone maka patuhi segala aturan yang dimiliki negara tersebut mengenai penggunaan Drone.

5. Menguasai Drone

Dalam menggunakan Drone ini tentu Anda harus menguasai pengetahuan soal Drone sepenuhnya, dan pahami bagaimana cara menguasai Drone tersebut. Bermain Drone ini tentu sangat menyenangkan, tetapi jika Anda belum menguasai secara penuh cara mengoperasikannya maka hal itu malah bisa membahayakan Anda sendiri.

Ketika bawa Drone ke luar negeri ada beberapa hal yang harus Anda patuhi, apalagi peraturan di setiap negara berbeda-beda. Sehingga Anda harus mempersiapkan segalanya dengan benar, supaya tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Selain itu, Anda juga harus mengutamakan keselamatan Anda baik selama di perjalanan maupun ketika sudah sampai di tempat tujuan.