Indonesia360 merupakan platform untuk memberikan pelatihan dan informasi tentang Drone Aerial, FPV Racing serta manfaat drone untuk industri dan bisnis.

Sebagai sebuah perangkat dengan teknologi yang cukup kompleks, diperlukan pemahaman dan penguasaan yang baik untuk dapat benar-benar menggunakan drone dengan benar. Termasuk dalam cara menerbangkannya. Dibutuhkan beberapa langkah dan cara agar Drone terbang lebih lama dengan tepat.

Para pemula yang ingin mendalami drone harus paham jika dibutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar untuk dapat menguasai dan menerbangkan drone dengan baik. Pasalnya, masing-masing Drone ini akan memiliki kesulitan tersendiri saat menerbangkannya. Oleh karena itu benar-benar diperlukan penguasaan teknik yang tepat untuk pilot drone.

Baca Juga : Teknik dalam Belajar Drone Untuk Pemula

Cara Agar Drone Terbang Lebih Lama

Bagi para pilot drone pemula, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menerbangkan Drone dengan lebih lama :

  1. Pertama-tama mulailah untuk lepas landas sambil mengarahkan Drone tersebut.
  2. Langkah kedua yaitu putarkan atau menguapkan copter agak ke sebelah kiri.
  3. Gunakan tongkat di bagian kanan untuk menerbangkannya ke kiri atau kanan serta maju atau mundur. Dapatkan kenyamanan dari menerbangkan Drone dengan cara yang berbeda.
  4. Putar kembali ke sudut lainnya dan gunakan tongkat kanan untuk kembali bermanuver.
  5. Lakukan hal itu terus menerus hingga akhirnya Anda merasa nyaman untuk terbang ke berbagai sudut yang ada.
  6. Dorong tongkat ke arah kanan dan ke depan secara perlahan untuk kembali terbang secara terus menerus.
  7. Ketika Anda mendorong tongkat ke arah kanan, dorong kembali tongkat ke arah kiri atau ke arah kanan bersamaan.
  8. Terbang lagi ke arah yang berbeda dengan cara mendorong tongkat kanan ke bagian depan, dan menyesuaikannya dari kiri ke kanan lalu gunakan tongkat kiri untuk mengubah arah yang dihadapi oleh Drone tersebut.
  9. Lalu sesuaikan lagi dengan ketinggian Drone dengan cara menggerakkan tongkat kiri ke bagian depan dan ke bagian belakang.

Hal-hal yang Harus Dihindari oleh Drone

Cara agar Drone terbang lebih lama lainnya adalah dengan tidak melakukan hal berikut, atau menghindarkan Drone dari beberapa pengganggu berikut ini :

1. Hindari Paparan dari Luar Ruangan

Drone yang terkena elemen dari luar bisa mengalami penumpukan yang harus dibersihkan. Tidak seperti kendaraan lainnya, Drone juga akan terbang cukup tinggi sampai ke langit. Artinya es dan juga kondensasi bisa menyusup serta mengganggu elemen elektronik yang terdapat di dalam Drone itu sendiri.

2. Debu

Jika tak dibersihkan secara berkala, maka Drone akan terkena debu yang menumpuk. Debu yang menempel biasanya akan menempel di bagian kamera, permukaan karet, sampai ke peredam gimbal karetnya. Bersihkan debu dengan cara basahi kain dengan air sedikit, agar debu yang menumpuk segera menghilang. Gunakan juga udara yang memiliki tekanan, untuk menjangkau daerah lainnya pada Drone yang sulit dibersihkan.

3. Serangga

Baling-baling yang terdapat pada Drone bisa dihinggapi oleh serangga, maka lap dahulu seluruh bagian Drone sebelum mulai diterbangkan. Jangan menggunakan cairan pembersih yang biasa digunakan di rumah, karena hal itu bisa membuat retak beberapa bagiannya.

Memelihara Drone Secara Rutin

Ketika sudah menguasai cara menerbangkan drone, yang tidak kalah penting adalah merawat drone yang harus dilakukan secara rutin. Inilah bagian drone yang harus dirawat secara maksimal:

1. Bagian Lensa dan ND Filter

Sama dengan jenis kamera biasa bagian lensa dan ND filter pada Drone juga harus selalu dibersihkan. Bersihkan dengan menggunakan tisu licin.

Baca Juga : Deretan Drone Kamera Terbaik

2. Memeriksa Chips atau Cracks

Periksa kembali bagian chips atau cracks pada Drone atau bagian propelernya. Propeller pada Drone merupakan benda yang mudah rusak, dan jangan gunakan propeller jika bagian tersebut rusak.

Itulah informasi seputar bagaimana cara agar drone terbang lebih lama, serta cara untuk memelihara drone. Semoga dengan informasi ini para pilot drone pemula bisa lebih terbantu ya!